PAHLAWAN NASIONAL FRANS KAISIEPO

                                                ROHMAINI/B/S13
                            
            1.Masa kecil sampai remaja
Dari data yang ada mengatakan bahwa  frans kaisiepo di lahirkan pada tanggal 10 oktober 1921 di  daerah   desa yang terletak  di tepi sebuah sunggai  dengan latar belakang  yang curam  pada sebuah dataran yang  subur  yang bernama kampong wardo  dalam wilaya kacamatan biak barat,kabupaten teluk  cendrawasih[papua]. dia adalah anak yang tertua dari enam saudara dari pasangan  albert kaisiepo dengan istri yang bernama  alberthina. Ayahnda menjabat sebagai kepala suku  di mana tempat dia barasal dengan keahlian dibidang  besi terutama peralatan rumah tangga, dan juga alat senjata. .
Pada waktu dia kecil dia  mengalami kegetiran hidup yang sangatpahiy yang sama dengan anak kecil yang lain nya ketika ibu nya yang meninggal dunia dan disusul dengan ayah nya,pada waktu itu dia baru berumur i11-12 tahun dan akhir nya dia  di asuh sama tente nay dan dia menikmati masa-masa kecil nya dengan teman sebaya nya den bergaul dengan baik, dan berkcarma dengan alam dengan baik serta masyarakat nya,waktu kecil jiwa kepemimpinan sudah nampak,dari dkehidupan sehari-hari nya,ccontoh kalau seandaiya ada perselisihan makadialah yang akan maju untuk melawan dari kampong lain nya,hari dema hari,mangu demi minggu ,tahun demi tahun dia pun semakin besar dan mengecam pendidikan formal maupun nonformal.dan walaupun ayah nya sudah meninggal   ayah nya masih sangat di hargai dan di hormati di desa nya.dan sebagai anak yang pertama,anak kepala suku dia di percayai untuk memimpin perang apabila ada  terjadi perang suku, dan ini juga sudah merupakan tradisi di irian. Khususnya suku bangsa biak nunfor bahwa kepala suku akan menjadi panglimaperang.
 Dan dalam bahasa biak nya sering di sebut 'mambre' yaitu orang yang berani atau patriot dan ksatria. Yang berperan sebagai pembela orang yang lemah  dan menjaga  kehormatan suku bangsa nya,dsri bsngsa yang lain. Pada waktu dia kecl diaa mengalami kegetiran hidup yang sangatpahiy yang sama dengan anak kecil yang lain nya ketika ibu nya yang meninggal dunia dan disusul dengan ayah nya.
2. pendidikan dalam keluarga
            Sesusah apapun hidup manusia  anak-anak  adalah generasi keluarga  dan anak –anak harus tau membekali kecakapan dan keterampilan kepada tunas-tunas bangsa  demi kelanjutan ketu runan begitu juga denga  FRANS KAISIEPO yang pasti pendidikan yang pertama adalah keluarga, dann dalam masyarakat biak numbor anak yang berusia 20 tahun ke atas harus di pisah kan dari keluarga nya,dan menjalani upacara melambangkan bahwa dia sudah di terima oleh orang dewasa dan bergaul dengan orang yang sudah dewasa.Pendidikan  frans kaisiepo  ialah  sekolah desa  atau yang disebut dengan Dorsschool B,dari kelas 1 sampai kelas 111.
Setelah tamat dia melanjutkan pendidikan ke kursus bestuur[pamong raja] diKotania yang sekarang bernama bestuur-sentani- jayapura.
 Sekolah ini di dirikan oleh orang belanda pada tanggal 1 janiari 1945,untuk nantii anak didik akan di pekerjakan unttu orang balanda,yang pertamanya di kepalai olehsubrata wiidhjaja dan wakil nya yang bernama  soegoro.lalu digantikan oleh soegoro dengan sebagai pemimpin soegoro menentang besar-besaran penjajah  dan ia sering keluar masuk penjara hindia belanda.
            Sebagai sa;ah satu murid yang aktif dan medapatkan pendidian dari guru yang baik yaitu Soegoro frans koisiepodi percayai untum mwmbantu  guru dan beserta teman –teman nya.kemudian dia melanjutkan pendidikan ke OSIBA,pada tahun 1952-1954 dan pada waktu itu dia di antarka n kepada ilmu pemerintahan.
3.Meniti Pekerjaan
pada waktu belanda takluk terhadap sekutu,dia memulai karir di pemerintahan,  dan terhiti pada tanggal 1 agusttus 1945 dia di angkat sebagaii  kepala distrik  di biak utara  kemudian  dalam periode 1951-1952 dia di angkat menjadi kepala distrik  suupiorii  selatan,bbiak numpor  di tempatt dia lahir sendira.pada tahun 1950 di angkat sebagai OBHK,pada tahun 1959-1962,dia menolak sebagai KMB,[konferensi meja bundar]den hag belanda mengantarkan dia ketempatt yang terpecil  dan ini terliha pada tanggal  20 ookktobeer 1995.  Di pindahkan llagike  onder afdeling hooft Di tempatt sebagai keoala diistrik  fak-fak.kemudian pada tanggal 2 fak=fak  melihat prestasi nya di di angkat menjadi  hooft baasterr assisten.
            Setelah bekerja begitu lama  sebagai pamong  pprraja  yyang di tugaskan  dari desa yang yyanggsatu ke desa yang lain di seluruhdesa di irian baratt. Sejak tahun 1922 frans kaisiepo  ditarik ke ibi kot a propinsi irian barat  selanjut nya   pada tahun 1963  ia di angkat  manjadi   beestuur ambtenaren  dalam jabatan sebagai  kepala pemerintah  setempat [kps] sukarnopuura.dan pada tahun 1963 disesuaikan pada  menjadi  pnata tata praja.terhitung  mulai pada tangal 1 -10 oktober   1964   sebagai wakil rEsidendi ssukarnopura,dan pada tanggal 10 nopembat.1964   sampai 4 juni 1973 di angkat sebagai gebernur / kepala daerah tingka 1 irian barat.Selama dua kali masa jabatan nya, tugas berat nya adala di tunjuknya dia sebahgai kepala  pemerintahan  komando proyek X11/irian barat  menentukan pendapat rakyatt[pepara] selain sebagai anggota MPR dia di tunjuk sebagai  ketua dewan Pembina  KORPRI provinsi irian jaya
            Setetelah dua kali dalam masa jabatan nya  dia tidahk tertarik lagi  sebagai pegawai tinggi  pada di perbantukan perdana mentri dalam negri  anggota dewan pertimbangan aGung republic Indonesia sampai akhir hayatnya .
            1.Perjuangan frans kaisiepo  menyambut kemerdekaan perjuangan nya bukan merupaka seperti pahlawan lainnya yang memainkan senjata nnya masing-masingg melainkan  perjuangan yang di lakukan adalah berusaha mengangkat derajat Negara   melalui gerakan –gerakan  organisasi  kebangsaan .kesemua itu di sunbangkan terhadap  kepentingan Negara dan bangsanya    
             Dan ini dapat di buktikan melalaui aktivitas-aktivitasnya  ke wilayar republic Indonesia.peran yang di lakukan ya bukan hanya pada waktu dia menjadi gubernur di irian jbarat tetapi jauhsebelumnya  yaitu sebelum Negara Indonesia merdaka dia telah menunjukan bahwa dia adalah putra bangsa Indonesia dengan apa yang di lakukan untk bangsa Indonesia.
            Perjuangan bangsa Indonesia  mencapai titip puncak  adalah sewaktu  soekarni-hatta membacakan proklamasi  kemerdekaan  Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945  dan disebar luaskan oleh pemuda Indonesia melalui radio,semantara itu pihak pihak koonial berusaha untukmendapatkankepercayaan  dari rakyat irian barat agar dapat mendidrikan kembali  domoni kolonialnya di irian barat. Maka pemerintahan  colonial  belanda membujuk para pejuang uks  digilus yang melarikan diri ke Australia  pada masa penduduk jepng  untuk di tarik balik untuk bekerja di irian barat. Hal tersebut  karena pemerintahan kolonia; belanda sangan menguntungkan tenaga mereka itu dalam bidang pemerintahan ,sehungan dengan itu  maka para pejuang eks digulis diserahi beberapa jabatan dalam bidang pemerintahan,namundi sisi lain tanpa sepangetahuan pemerintahan colonial belanda,para pejuang eks diigul ini mangunakan kesempatan ini dengan baik  untuk memanalmkan benih kebangsaan dalam darah para pejuang orang irian barat.
            Perlu di ingat Bahwa salah satu pencetus gagasan berdirinya partai Indonesia merdeka adalah FRANS KAISIEPO  yang waktu itu dia menjadi kepala distrik biak utara di  wastra. Misi organisasi ini adalah sama hal nya dengan komite Indonesia merdaka yang telah di kirim kan di jayapura juga bertujuan  untuk member  penerangan  tentang arti dan tujuan di Indonesia  merdeka.selanjut nya kegiatan rutin  tujuan partai ini di isi dengab mengadakan pertemuan anggota secara rahasia  terutama untuk membicarakan ataupun mengatur rencana-rencana yang akan di laksanakan  dala usaha untuk memerdekakan Indonesia, di bumi irian barat, untuk menyusun rencana tersebut di susun lah yang untuk mengadakan perlawanan bersenjata terhadap  kiedudukan colonial belanda.
            Ternyata rencana tersebut telah tercium  oleh pihak tentara belanda,dan akhir nya Lukas rumkren wakil pemimpin lagu Indonesia raya ketua corinius kreuys,dan yang telah mendirikan partai  Indonesia merdeka di tangkap dan mendekam di dalam penjara  di jayapura  dri tahun 1947 sampai pada akhir tahu 1948.Sementera itu  pada tanggal 15 agustus sampai dengan 25 juli 1946 di unjung pandang[makasar]  di adakan konperensi  malino,konperensi inibertujuan untuk  mendukung gagasan  van mook tenteang pembentukan nagara federal indinesia,sementara bentuk Negara yang di dalam nya adalah akan bergabung nya satu uni dengan kerajaan belanda ,dalam konferensi tersebut  FRANS KAISIEPO menjadi wakil irian barat yang di tunjuk oleh koloniak pemerintahan belanda. Untuk menghindarikonferensi malino  sebelum krberangkatan konferensi malino,FRANS KAI SIEPO  telah di beri bekal  terutama pikaran –pikiran yang mnendukung kemerdekaan republic Indonesia.hal ini di lakukandengan melalui  pertemuan di jayapura antara FRANS KAISIEPO  dengan cornius m.serta marcus kaisiepo
            4. Pengantian kata papua menjadi irian
            Kata irian itu mempunyai makna tersendiri  karena dengan itu rakyat irian barat hendak menunjukkan  identitas  yang bersumber  dari budaya bangsanya  kata irian hendak menunjukan identitas yang bersumber dari budaya bangsanya ,katairian  berarti panas dan kata ini beradsal dari biak, sedangkan kata papua  mula-mula di gunakan oleh pelaut  protugis dan spanyol dan sejak kata frans kaisiepo maka pemerintah Indonesia terus mengunakan kata irian  dan tetap mengunakan kata papua.
            Kata papu yang di ucapkan dalam siding mahino  sebenarnya sudah terlebig dahulu di beritahukan melaluyi surat kabar  openyuluh Brisbane,Australia.pengiriman artikel  tentang pergantian papua menjadi irian  kepada surat kabartersebut sebernarnuya  di lakukan oleh dua bersaudara antara MARKUS KAISIEPO dan FRANS KAISIEPO. Sewaktu mengikuti kursus silat  besrtur  di kota nico holandia.dan dia tidak setuju  dengan papan nama kursus / sekolah yang bertuliskan PAPUA BESRUUR SCHOOL menjadi IRIAN BESTURR SCHOOL,
            Kehadiran frans kaisieo dalam rapat mahlino telah mengecewakan pihak colonial belanda dan sehingga di adakan  lagi konferensi denpasar sebagai kelanjuta konferensi malino. Di selenggrakan pada tanggal 20-24 desember 1946, dan irian barat tidak di perbolehkan mengirimkan perwakilannya  agar tida k menentang  niat nya untuk memisahkan irian barat dari Indonesia.
            Berhubungan dalam usaha belanda  untuk memisahkan wilaya Indonesia dan irian barat secara nyata  dalam konfrensi  secara nyata konferensi denpasar, para pejuang irian barat meminta residen  van eechoud  untuk mengirimkan utusan dasri irian barat namun usaha itu di tolak, dan mengirimkam ttelegram kapada h.j. van mook di denpasar  dari wilayah republic Indonesia.
            5.Peran frans kaisiepo dalam alus sejarah
            Peran frans kaisiepo dalm memperjuangkan  irian barat untuk indinesia.frans kaisiepo telah  yang berjawa besar itu telah  menumphkan seluruh perhatiaannya teradap kepentingan prjuangan rakyat Indonesia,baik di minta atau pun tidak  dia telah menunjukkan bahwaia mempunyai kewajiban moral untuk memperjuangkan kedudukan bangsa dan nasib  tanah iar agar kembali secara utuh.
            6.Frans kaisiepo dan keluarga
            -mengenal pribadifrans kaisiepo memiliki bangun tubuh yang kokoh dengan kulit hitam manis, langkah dan ayunan tangan nya serta  harmonis sehingga nmpk berwibawa-membangun rumah tangga.
                                    Referensi buku
            1.penulis:pius suryo haryono
            Di terbit :oleh proyek inventarisasi dan dokumentasi sejarah nasional
            Tahun terbit :1996
            Di cetak oleh:defit prima karya
            2.sumber :drias junita,22007

1 comment:

  1. Mari bergabung dengan game kami yang memiliki bonus-bonus menarik yang mudah untuk diraih.

    Berikut Promo Bonus menarik yang tersedit dari Situs Judi Online Terbesar dan Terpercaya :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS SPESIAL SETIAP HARI 10%
    - BONUS EXTRA TURNOVER FREECHIP
    - CASHBACK 15% DAN ROLLINGAN 0.6%
    Dan masih banyak Bonus menarik lainnya!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    ReplyDelete