SEJARAH PENDIDIKAN KOREA


Agusniyarni/sp
Sejarah korea dimulai dari mitologi pendiri korea ,Dangun sampai masa tiga kerajaan yaitu masa kerajaan Silla bersatu, masa kerajaan Koryo,Masa kerajaan Chosun masa penjajahan jepang serta pembagian korea utara dan korea selatan  Serta masa Revoblik Korea.Menurut teks-teks kuno,pendidikan dikorea telah ada semenjak zaman tiga kerajaan (57 Sm-668M) dibawah system pendidikan cina yang memang sangat maju pada zaman itu.Pada tahun 372 institusi pendidikan tinggi dengan nama Taehak(Akademi Konfusius nasional)didirikan oleh kerajaan koguryo(37SM-668SM).institusi serupa dengan nama Kuhak(universitas konfisius terkenal)juga didrikan pada tahun 682ketika masa pemerintahan kerajaan shilla(57 SM-935M).
Kerajaan shilla juga menceritakan system pelatihan unik yang dinamakan Hwarangdo, untuk melatih para pemuda pemudi bangsawan.dan pada zaman ini hingga abad ke19 pendiddikan dikorea memfokuskan pada  mempelajari literature-literatur Cina dan Konfusionisme,hingga pada akhir abad ke 19  ketika korea membuka diri terhadap barat dan mulai juga mengadopsi pen doididkan model barat.
Dikorea juga terdapat kuil yang dinamakan kuil Seoul Munmyo,adalah sebuah kuil yang terletak di daerah seoul korea selatan,kuil seol munyo ini didirikan pada masa dinasti joseon pada tahun 1398,dan merupakan kuil konfisius tertua di korea ,yang terletak didalam konflek universitas Seonggyungwan,yang merupakan akademisi konfisius tertua dikorea,dan kuil itu sakarang dilestarikan oleh pemerintah korea selatan sebagai situs bersejarah ,dikorea.
Dikorea juga banyak tokoh –tokoh yang memperlapori pendidikan diantaranya  Yi sajudang,dimana dia menciptakan sebuah buku yang dinamakan buku"Taegyo Sangi" dimana isi buku ini mengenai petunjuk pra kelahiran  yang ditulis dengan huruf Cina  yang dibuat pada tahun 1800, yisudang  yang mementingkan pendidikan anak merasa kesal karena tidak ada buku yang berkaitan dengan pendididkan kelahiran.dan dia menulis buku ini berdasarkan sumber-sumber dari buku kuno.dan buku tulisannya ini sangatlah berpengaruh terhadap korea saat itu.dan pada saat modern saat ini buku itu masih digunakan karena ,buku ini dirasa sangat penting.[3]
Namun sekarang pendidikan di korea mirip dengan pendidikan di Indonesia yaitu enam tahun pendidikan awal dan 3 tahun pendidikan menengah atas dan setyelah itu baru kemudian pendidikan tinggi.usia sekolah dasarpun sama dengan usia sekolah dasar diindonesia yaitu mulai sekitar usia 6 tahun ,dan untuk tinggkat seterusnya pun tak jauh berbeda dari Indonesia.Namun beda halnya dengan pendidikan di korea utara dikendalikan oleh pemerintah dan wajib sampai jenjang menengah pertama .pendidkan di korea utara gratis dan negara menyediakan bagi siswa yang tidak mampu fasilitas pengajaran dan pendidikan gratis ,tetapi juga seragam dan buku panduan ,Heurestika secara aktif diterapkan  untuk membangun kemandirian dan keaktifan para siswa ,pendididkan  wajib berlangsung sebelas tahun dan melewati satu tahun pendidikan para sekolah 3tahun pendidkan dasar dan 6tahun pendidikan menengah  dan kurikulum sekolah di korea utara terdiri dari pokok-pokok bahasan akademik dan politik.[1]
Sekolah dasar dianggap sebagai sekolah rakyat dan anak-anak belajar  disekolahg ini pada umur 6-9 tahun.mereka kemudian melanjutkan kesekolah lanjutan umum atau sekolah lanjutan kejuruan bergantung pada kemampuan masing-masing ,mereka masuk kesekolah kejuruan pada umur 10 tahun dan menyudahi sampai usia 16 tahun.Pendidikan tinggi dikorea utara ini tidaklah wajib ,dean tahapan ini terdiri dari 2 sistem yaitu pendidikan tinggi akademik dan pendidkan tinggi untuk pendidikan berlanjut.
Sistem pendidkan tinggi akademik meliputi 3 jenis lembaga  yaitu:universitas,sekolah professional,dan sekolah teknik,dan tahap sarjana atau megister dan doctoral diserahkan kepada universitas bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan dan 2 universitas yang terkenal dikorea utara adalah Universitas Kim II-Sung dan universitas sains dan teknologi ryongyang dan kedua-dua nya itu terletak di Pyongyang.dan korea utara merupakan salah satu Negara yang melek huruf didunia dengan proporsi 99%.
Dan ujian masuk perguruan tinggi di korea ini sangatl;ah sulit .dan mungkin ini adalah salah satu penyebaba kenapa pelajar disana belajar dengan keras kompetisi masuk peguruan tinggi disana sangatlah kuat,walaupun akhir-akhir ini tidaklah setinggi dulu karena semakin banyaknya pelajar-pelajar  yang diterima oleh universitas-universitas  itu akibat penambahan kapasitas.penilaian dalam memasuki universitas ialah kombinasi dari pencapaian selama sma digabungkan dengan nilai ketika tes skolastik secara nasionalagar berbeda dari Negara lain yang hanya menillai dari hasil Snmptn saja. Rapor ketika Sma menyumbang 40%  dalm penentuan kelulusan akan tetapi ujian sekolah sama pentingnya dengan ujian masuk perguruan tinggi(yang disebut suneung ,tes kemampuan skolastik untuk masuk perguruan tinggi)maka pelajar disana tidak mempunyai waktu yang santai .meneurut statistic para pelajar di korea  menghapal 60-100 halaman setiap kali tes untuk bias mendapatkan nilai bagus.
Tes untuk masuk unversitas sangatlah penting karena menentukan masa depan siswa tersebut saking pentingnya ketiaka masa-masa mendekati ujian perkantoran buka jam 10 pagi untuk mengkomodasi para orang tua yang menemani anaknya belajar hingga malam ,dan pada sore harinya klub bermain juga tutup lebih awal.dan pada saat ujian polisi-polisi tidak segan untuk menemani mengantar anak-anak yang terlambat  dalam m,engikuti ujian .
Dan dikorea ada namanya program penilaian siswa internasional (program for Internasional Student Assigment)yang dijalankan oleh  OECD .dan walau pun siswa-siswa dikorea selatan mendapatkan rangking tinggi  pada tes komparatif internasional system pendidkan nya seringkali dikritik karena menerapkan cara pembelajaran yang pasif dan terlalu banyak menghafal.sistem pendidkan disini teratur karena menerapkan system konfisiusme yang tertanam sejak lama dari masyarakat korea.pendidikan dilihat sebagai  aspek penting dalam keberhasilan dan persaingan di negri ginseng ini.[2]
Dinegara ini terdapat lima mata pelajarang yang paling diutamakan diantaranya sebagai berikut:metematika,sains,bahasa korea,studi social,dan bahasa inggris.biasanya pendidikan fisik  atau olahraga dianggap tidak terlalu penting makanya banyak sekolah yang tidak memiliki gymnasium yang layak ,dan korea selatan merupakan Negara pertama  yang memberikan  akses internet yang berkecepatan tinggi di setiap sekolah.korea Institute For Curriculum  and Evulation (KICE) mengeluarkan hasil laporan Trend in Internationals Mathematics and Science Study(TIMSS) tahun 2011 yang diikuti oleh 300.000 siswa kelas 4  dari 50 negara  dan 300.000 siswa kelas 8 dari 42 negara.dan hasilnya siswa kelas 4 dikorea selatan meraih skor rata-rata 605 dalam matematik yaitu peringkat kedua dibelakang singapura  dan dalam bidang sains siswa-siswa korea selatan mendapatkan peringkat pertama dengan skor 587 point.prestasi ini pun diikuti oleh siswa kelas 8dalam matematik dan memperoleh  nilai 613,nilai tertinggi dari 42 negara lainnya ,sedangkan untuk sains  mereka menempati posisi ketiga dengan nilai 560. System pendidikan di korea berbeda dengan Negara Indonesia karena dikorea itu ada nama nya pendidkan wajib militer maka pada usia 22-24 tahun para remaja sudah bisa menyelesaikan kuliahnya anka rata-rata pria korea menyandang gelar sarjana (S1) pada umur 27. Karena mereka harus cuti dulu atau setelah lulus SMA langsung mengikuti wajib militer dulu sebelum meneruskan kuliah.
Namun dapat disimpulkan berbagai fakta system pendidkan di korea diantaranya sebagai berikut:
1.Siswa dikorea tidak ada yang merokok dan jika ketahuan merokok ia akan langsung dikeluarkan .
2.SMK di korea tidak ada ujian nasional karena lebih berfokus kepada kemampuan produktif tau keahlian.
3.Suneung atau ujian masuk perguruan tinggi di korea dilaksanankan pada setiap tanggal 13 November dan merupakan moment unik.
4.Suneung sangat ditunggu para pelajar kelas 3 SMA di korea karena pada hari itu mereka mati-matian untuk mengerjakan soal tes.
5.Keluarga biasanya membawakan siswa yang ikut ujian spanduk,yang bertujuan untuk memberikan penyemangat bagi anaknya.
6.Pelajar kelas 3 SMA dikorea sudah dibebaskan tugas rumah dan hanya disuruh konsen belajar untuk Suneung.
7.Saat seneung apabiloa lokasi ujian dekat dengan bandara ,stasiun, maka stasiun atau bandara tersebut  ditutup selam ujian.
8.saudara atau keluarga juga banyak memberikan hadsiah kepelajar sebelum mengikuti ujian.
9.Adik kelas juga ikut menyemangati kakak kelasnya yang ikut ujian dengan cara chearsleaders atau dengan yel-yel.
10.Peserta ujian juga ada pantangan memakan ssup rumput karena Licin,dan licin sama artinya dengan jatuh atau gagal.[4]
Notes:
[1] Pearl S Buch(1987) Negara dan Bangsa Jilid 4.PT.Widya Dara.terbitan khusus Grolier internasional.INC.
[2] Sejarah korea.Nur aini setiawati UGM pres 2003
[3] http://upaupapuspa.blogspot.com/2011/04/pendidikan-di-korea-selatan.html.
[4] http://konsultanpendidikan.com/2013/07/22/mengenai-lebih-dalam-tentang-negeri-ginseng-sistem-pendidkan-korea-selatan-part-1/.

No comments:

Post a Comment