Sejarah Perang Vietnam

Hari Sulistiawati/SAT

            Perang Vietnam disebut juga dengan Perang Indochina Kedua, adalah sebuah perang yang terjadi antara tahun 1957-1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang dingin antara dua kubu idiologi besar, yakni Komunis dan Liberal.
Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara). Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru
dan Filiphina bersekutu dengan Vietnam Selatan, sedangkan USSR dan Tiongkok mendukung Vietnam Utara yang merupakan negara komunis.
Perang ini mengakibatkan eksodus besar-besaran warga Vietnam ke negara lain, terutama negara Amerika Serikat, Autralia dan negara-negara Barat lainnya, sehingga di negara tersebut bisa ditemukan komunitas Vietnam yang cukup besar.
Jumlah korban yang meninggal pada perang Vietnam ini diperkirakan 280.000 dari pihak Selatan dan 1.000.000 dari pihak Utara. [1]
Latar Belakang terjadinya perang Vietnam atau perang Indochina kedua
            Pada tanggal 2 September 1945 di Hanoi, Ho Chi Minh secara umum mendeklarasikan kemerdekaan Vietnam. Dan ketika para komunis di Vietnam selatan yaitu Viet Minh mengikut sertakan pemerintahan kolonial Perancis pada perang gerilya, yang bertepatan setelah kemerdekaan tersebut di deklarasikan. [2]
            Pada tahun 1953, Ho Chi Minh, para komunitas di Vietnam Utara berhasil menaklukan Perancis dalam pertempuran sengit di Dien Phu. Ho Chi Minh juga memutuskan untuk melakukan re-unit negaranya, dengan instrumen pasukan reguler North Vietnamese Army (NVA) dan kader mereka di Vietnam Selatan. Vietcong (VC). Untuk mendukung VC di Selatan, digunakan taktik dalam perang dunia II, yaitu perang hutan dan gunung, berjalan kaki dan membentuk pos-garis edar, link- Vietnam Utara dengan Gerilyawan Laos, Kamboja.[3]
            Pada tahun 1946, Perancis membangun kembali pemerintahan kolonial mereka di Vietnam, dan Perancis berhasil dalam menahan kota dibawah kekuasaan mereka. Hal ini yang membuat Viet Minh Menambah serangan mereka terhadap kekuatan kolonial Perancis dan memasangnya juga dibagian Selatan dan Utara Vietnam, dan peraturan didaerah pedalaman Vietnam makin bertambah ketat karena Viet Minh.
Masa terjadinya perang
            Tanggal 20 November 1953, kekuatan kolonial Perancis menempatkan sebanyak 16.000 pasukannya di Bien Phu, yaitu sebuah lembah pegunungan di sepanjang perbatasan Vietnam Utara dan Laos Utara. Dari Dien Bien Phu, Perancis bermaksud untuk mengawasi daerah perbatasan diantara kedua negara. Militer Perancis percaya bahwa Lembah Dien Bien Phu yang memiliki panjang 19 KM dan lebar 13 KM, aman dari serangan Viet minh. Namun pada minggu-minggu dan bulan berikutnya, pasukan Vietnam dibawah pimpinan Jenderal Giap, menyiapkan penyerangan ke Dien Bien Phu. Dengan bantuan lebih dari 200.000 orang kuli pengangkut barang, Viet Minh mengatur pengangkatan artileri berat ke gunung-gunung yang mengelilingi lembah Dien Bien Phu.
            Pada bulan Maret 1954, Viet Minh memulai penyerangan mereka terhadap pasukan Perancis di Dien Bien Phu. Pada tanggal 7 Mei 1954, mereka berhasil menaklukan pusat komando Perancis. Dan perang antara Viet Minh dengan Perancis yang berlangsung selama sembilan tahun, telah menelan korban jiwa yang sangat besar, lebih dari satu juta warga sipil, 200.000 hingga 300.000 orang Viet Minh dan lebih dari 95.000 anggota pasukan kolonial Perancis telah kehilangan nyawanya.
            Pada tanggal 20 Juli 1954 di Jenewa, negosiator Viet Minh dan Perancis setuju Vietnam di bagi menjadi 2 bagian besar yaitu, komunis Vietnam Utara dan Kapitalis Vietnam Selatan.
            Pada tahun 1959-1963, setelah gerilya komunis Vietnam Selatan dapat menjatuhkan pemerintah Diem, pemerintah komunis Vietnam Utara mengendalikan jalannya konfrontasi militer. Lebih dari 40.000 gerilya Vietnam Utara masuk ke wilayah Selatan, dan memberikan persenjataan dan amunisi kepada komunis Vietnam Selatan, yang dibawa melalui jalan-jalan kecil Ho Chi Minh di wilayah Laos dan Kamboja. [4]
            Ketika tahun 1954, Perancis meninggalkan daratan tersebut, dan Amerika yang menggantikannya, dan 4 tahun kemudian Amerika telah memiliki lebih dari 500.000 pasukan di Vietnam Selatan. Amerika dibawah presidennya, secara berturut-turut telah melibatkan negaranya untuk terjun kedalam sebuah perang panjang dengan jarak yang sangat jauh. [5]
            Pada tanggal 2 Agustus 1964, dua kapal pesiar Amerika di tembaki oleh kapal-kapal patroli Vietnam Utara di Teluk Tonkin. Pada bulan Maret 1965, pesawat tempur AS memulai Operation Rolling Thunder atau pemboman besar-besaran Amerika terhadap Vietnam Utara. Sekitar tiga setengah tahun kemudian, bom-bom dijatuhkan di sekitar Vietnam Utara yang jumlahnya 2 kali lebih banyak dari jumlh bom yang dijatuhkan pada perang dunia II.
            Puncak perang Vietnam terjadi pada tahun 1968, yaitu saat AS mengirim lebih dari setengah juta bala tentaranya ke Vietnam. Pasukan Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Filiphina dan Thailand semuanya berjumlah 90.000 orang. Dan saat itu tentara Vietnam Selatan berjumlah 1.5 Juta orang. Front Pembebasan Nasional dibawah kepemimpinan komunis yang diberi nama Vietkong oleh AS memiliki kekuatan 400.000 pasukan.
            Melalui operasi militer AS, angkatan udara AS melakukan pengeboman kewilayah Vietnam Utara, dan berakhir pada Oktober 1968. AS mulai menarik kembali pasukannya dari Vietnam, perang panjang yang berakhir 10 tahun, merupakan pengalaman yang sangat berharga terhadap Amerika. Tahun 1969 di Paris, AS, Vietnam Selatan, Vietnam Utara dan Vietkong melakukan negosiasi untuk menarik seluruh pasukan AS dari Vietnam. Pada tahun 1972, sebelum negosiasi Paris membawa hasil, AS telah mengurangi pasukannya sekitar 100.000 orang. Dalam perang panjang dan perjuangan berdarah ini sesungguhnya merupakan tiga kampanye secara terpisah, perang melawan masyarakat negerinya sendiri, perang melawan gerilyawan musuh di Vietnam Selatan, dan perang melawan kekuatan udara Vietnam Utara.
            Pada bulan maret 1973, pasukan terakhir Amerika meninggalkan Vietnam. Dua tahun kemudian, Vietnam Utara dan kekuatan komunis Selatan memulai serangan dengan maksud untuk menguasai negara Vietnam Selatan, namun pada tanggal 30 April 1975, pasukan Vietnam Utara menduduki Saigon yang mengakibatkan berakhirnya perang yang telah berlangsung selama tiga puluh tahun.
            Pada ajang perang Vietnam, persenjataan telah makin berkembang termasuk penggunaan pesawat-pesawat tempur jet telah memasuki era jet supersonik. AS menggunakan F-105 dan F-4 Phantom untuk menghadapi pesawat Rusia yang terdiri dari MiG-17 dan MiG-21. [6]
            Di kawasan Selatan, Fighter bomber Amerika menggunakan beberapa senjata pemusnah seperti napalm, white phosphorous, cluster bomb, rocket, "smart bomb" dan air ground missile kearah kedudukan Vietcong yang mengganggu dan menteror seluruh negeri. Gerilyawan Vietcong teramat dahsyat, Vietcong dapat dipastikan memiliki kelebihan dalam pengenalan wilayah, mereka dapat bertempur dimana saja dengan menggunakan senjata ataupun tidak, bahkan mereka dapat mengetahui jauh sebelumnya pasukan Amerika akan bergerak kearah mana dan wilayah mana yang akan diserang. Bahkan terlalu pintarnya mereka juga mengetahui dengan baik rencana penyerangan Amerika.
            Pada siang hari tanggal 2 april 1972, 2 douglas EB-66 ecrting sebuah formasi kecil B-52 Stratosfortresses melakukan misi pemboman ketika 3 SAM missile ditembakkan yang mengenai pesawat Hambleton. Ketika pesawat mengarah jatuh, sinyalnya didengar oleh sebuah Forward Air Controller (FAC) Captin Jimmie D.Kempton, yang menerbangkan OV-10 Bronco, meneruskan kontak dengan Lieutenant Colonel Hambleton.
            Ternyata posisi pendaratan Hambleton dapat dimonitor Vietcong, yang langsung menuju ketempat dimana dia berada. Sementara itu, Jimmie Kempton telah terbang ke Selatan, kedaerah kawan, melakukan radio call, untuk pertolongan. Segera dia kembali dengan 4 helikopter Angkatan Darat-2 Cobra Gunship dan 2 helikopter penumpang.[7]
            Pada perang Vienam inilah untuk pertama kalinya digunakan secara besar-besaran Surface-to-Air Missile (SAM) sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pertahanan udara. Penggunaan kapal induk sebagai pangkalan pesawat-pesawat tempur menjadi begitu berperan dibanding dengan apa yang dilakukan pada perang dunia dua. Disamping itu, dalam perang Vietnam ini pula lah dikembangkan sistem pengisian bahan bakar pesawat di udara oleh pesawat terbang tanker sebagai upaya AS dalam meningkatkan radius of action serta kemampuan manuver pesawat-pesawat tempurnya dalam melawan pesawat-pesawat produk Rusia.
            Dalam ajang perang Vietnam ini terlihat AS agak kewalahan dalam menghadapi keampuhan pesawat-pesawat tempur buatan Rusia. Untuk Air-to-air Combat Vietnam menggunakan MIG-17 dan MIG-19, sementara AS hanya mengandalkan F-4 Phantom-nya untuk menghadapi serangan ini. Sedangkan pesawat AS lainnya yang banyak terlibat dalam perang Vietnam antara lain F-100, OV-10 Bronco, C123, C-130 dan C-7 Trash Haulers, selain itu mereka menggunakan pula F-105, F-111 dan B52 sebagai pembom.
            Dan sejarah mencatat bahwa negara Amerika Serikat, yang dikenal dengan negara adikuasa pernah menelan kekalahan, saat perang Vietnam/Viet Chong/IndoChina kedua. [8]
            Pada perang Vietnam ini pulalah pesawat helikopter meningkat menjadi senjata tempur yang signifikan dengan pengembangan perannya dalam misi-misi observasi, combat tactical transport dan combat medical evacuation. Pada perang ini pula tercatat Rusia menggelar 2.300 surface-to-air missiles.
            Selanjutnya, tanggal 30 maret 1972, angkatan darat Vietnam Utara melancarkan Penyerangan yang dilakukan atau difokuskan pada wilayah pangkalan udara Amerika, mendapatkan perlawan sengit dari pasukan VietnamSelatan. Pesawat B-52 melakukan pemboman terhadap konsentrasi pasukan musuh, dan hingga bulan ini pesawat pembom tersebut menerbangkan rata-rata 15.000 sortie perbulan.
            Selanjutnya pada tanggal 8 mei 1972, menyusul akan diselenggarakannya perdamaian di Paris, Presiden Richard M. Nixon, authorized Operasi Linebacker, melanjutkan pembomannya di Utara. Dan untuk pertamakalinya, USA melakukan blokade jalur laut dengan melakukan penyebaran ranjau diperairan Haipong dan di beberapa alur laut yang lain. Untuk menetralisir Vietnam Utara, dibangunlah sebuah pertahanan udara, USAF mengerahkan sistem persenjataan baru termasuk pesawat F-105 Wild Weasel defence suppression dan profusion of laser and optically-guided bomb, yang dikembangkan sejak tahun 1960.
            Dan pada bulan Juni 1972, MiG-23/27 Flogger air superiority fighter-ground-attack aircraft mulai beroperasi dibawah Soviet Air Force. [9]

Catatan Kaki
[3] Suradji Adjie, Kisah dan Sejarah Perang Udara, GP Press, Jakarta Selatan,2011, hal:424
[5] Suradji Adjie, Kisah dan Sejarh Perang Udara, GP Press, Jakarta Selatan, 2011,hal:424
[7] Suradji Adjie, Kisah dan Sejarah Perang Udara, GP Press, Jakarta Selatan, 2011, hal:425
[9] Suradji Adjie, Kisah dan Sejarah Perang Udara, GP Press, Jakarta Selatan, 2011, hal:426

1 comment:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rahmawati putri anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete