SELUK BELUK NEGARA LAOS


NORLIZA AVERA/SAT
Republik Demokratik Rakyat Laos adalah negara yang terkurung daratan diAsia Tenggara, berbatasan dengan Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di sebelah barat. Dari abad ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang atau " Negeri Seribu Gajah". Motto Negara laos memiliki moto yaitu "perdamaian,kemerdekaan,demokrasi,persatuan,dan kemakmuran".. Mata uangnya Kip (LAK). Lagu kebangsaan laos yaitu pheng xat lao,bahasa resmi nya yaitu laos, sistem pemerintahan di Negara Laos yaitu negara Komunis yang dipimpin oleh Presiden dan Perdana mentri.
Sejarah Laos
Sejarah Laos pada awalnya didominasi oleh Kerajaan Nanzhao, yang diteruskan pada abad ke-14 oleh kerajaan lokal Lan Xang yang berlangsung hingga abad ke-18, setelah Thailand menguasai kerajaan tersebut. Kemudian Perancis menguasai wilayah ini pada abad ke-19 dan menggabungkannya ke dalam Indochina Perancis pada 1893. Setelah penjajahan Jepang selama Perang Dunia II, negara ini memerdekakan diri pada 1949 dengan nama Kerajaan Laos di bawah pemerintahan Raja Sisavang Vong.
Keguncangan politik di negara tetangganya Vietnam membuat Laos menghadapi Perang Indochina Kedua yang lebih besar (disebut juga Perang Rahasia) yang menjadi faktor ketidakstabilan yang memicu lahirnya perang saudara dan beberapa kali kudeta. Pada 1975 kaum komunis Pathet Lao yang didukung Uni Soviet dan komunis Vietnam menendang pemerintahan Raja Savang Vatthana dukungan Amerika Serikat dan Perancis. Setelah mengambil alih negara ini, mereka mengganti namanya menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos yang masih berdiri hingga saat ini. Laos mempererat hubungannya dengan Vietnam dan mengendurkan larangan ekonominya pada akhir dekade 1980an dan dimasukkan ke dalam ASEAN pada 1997.
Sejarah awal   
Penghuni asli Laos adalah orang-orang Austroasiatik, yang hidup dari berburu dan meramu sebelum datangnya masa pertanian. Para pedagang Laos, yang cekatan dalam mengarungi sungai menggunakan kano, menggunakan jalur yang menembus pegunungan terutama sungai-sungai. Rute sungai yang paling penting adalah Mekong karena banyak anak sungainya memungkinkan para pedagang menembus jauh ke pedalaman, tempat mereka membeli hasil bumi seperti kapulaga, kapur barus, sticklac dan banyak makanan lainnya.
Kerajaan Lan Xang
Kerajaan Lan Xang (berarti: sejuta gajah) berdiri pada tahun 1353. Di bawah pemerintahan raja Fa Ngum kerajaan ini menguasai tidak hanya Laos modern, tetapi juga sebagian wilayah Thailand. Para penerusnya, terutama raja Setthatirat, pada abad ke-16 turut membantu mengukuhkan agama Buddha sebagai agama utama di negeri tersebut.
Pada abad ke-17, kerajaan ini memasuki masa kemerosotan, yang ditandai dengan perselisihan dinasti dan konflik dengan negara-negara tetangga[1]
Zaman Prasejarah Laos
       Lembah Sungai Mekong dan Dataran Tinggi Korat, yang mencakup bagian substansial Laos, Kamboja dan Thailand, yang dihuni selama 10.000 tahun yang lalu. Walaupun data ini terbatas budaya prasejarah, bukti-bukti menunjukkan bahwa produksi dan berlapis keramik perunggu dimulai di sini lebih awal daripada di tempat lain di dunia. Lembah Sungai Mekong dan Dataran Tinggi Korat, yang mencakup bagian substansial Laos, Kamboja dan Thailand, yang dihuni selama 10.000 tahun yang lalu.Walaupun data ini terbatas budaya prasejarah, bukti-bukti menunjukkan bahwa produksi dan berlapis keramik perunggu dimulai di sini lebih awal daripada di tempat lain di dunia. 
Banyak kelompok etnis di daerah-daerah, baik adat dan imigran milik Thailand linguistik keluarga-Austro. Di Laos, sebagian besar sub kelompok diidentifikasi dengan Thai-Kadai dan Hmong-Mien (Miao-Yao) keluarga linguistik. secara historis terdiri atas budaya Diaspora paling signifikan dari Cina Selatan dan Timur Tibet untuk Asia Tenggara. 
Pendahulu dari Laos saat ini datang ke selatan selama migrasi berkala sepanjang garis geo-grafis beberapa. Peta linguistik di Cina selatan, barat India Utara dan Asia Tenggara menunjukkan dengan jelas bahwa jalur akses utama dari sub kelompok Thailand (biasanya disebut sebagai 'Tai' oleh para sarjana) ke dalam apa yang sekarang Laos dan Thailand, adalah lembah-lembah sungai: dari Sungai Merah (Yuan Jiang) di Cina Selatan dan Vietnam ke sungai Brahmaputra di Assam dan Timur Laut India. Daerah dataran antara poin zona migrational menengah dan jauh lebih sedikit penduduknya. 
Salah satu zona antara tersebut adalah The lembah Sungai Mekong membagi Thailand dan Laos. Lainnya adalah Nam Ou, Nam Seriang dan lembah-lembah sungai lainnya di Laos modern. Antropologi Bukti linguistik menunjukkan bahwa bangsa Austro-Thai di Cina selatan dan Vietnam Utara mulai bermigrasi ke selatan dan ke barat di abad ke-8 Masehi. Kelompok-kelompok ini dibentuk pemerintah daerah sesuai dengan sistem tradisional mereka. Meuangs adalah kabupaten diperintah oleh seorang Meuang Jao, posisi turun temurun. Orang-orang Tai yang disukai mendasarkan meuangs mereka di lembah-lembah sungai, kadang-kadang mengelompokkan menjadi aliansi longgar. Sekitar mereka, dalam lingkaran konsentris sekitar, yang dikembangkan negara-negara bawahan kecil yang dikenal sebagai monthon, dari Mandela Sansekerta. Salah satu yang terbesar dari aliansi awal monthons dikembangkan di wilayah Dien Bien Phu di Vietnam. Sikhotabong, terletak di sisi Lao dari Mekong dekat Tha kaek hari ini, adalah salah satu monthons pertama yang diketahui[2]
Zaman Pengaruh India di Laos (Kerajaan Laos 1519 – 1836)
Semetara Kerajaan yang didirikan oleh keberanian pasukan Bayinnaung berada dalam perpecahan dan puteranya Nanda Bayin secara dalam terlibat dalam perang dengan Naresuen dari Ayut'ia, Kerajaan Laos, jauh dihulu sungai Mekong, telah mendapatkan kembali kemerdekaannya di bawah Nokeo Koumane. Ia diprokamirkan sebagai raja di Vientiane tahun 1591, dalam tahun berikut pasukannya mengalahkan perlawanan Luang Prabang dan menyatukan kembali keajaan itu. Juga Negara Tran Ninh, dengan ibu kotanya Chieng Kouang dekat Plain des Jars, mengakui kebangkitan kembali kekuatan kerajaan Laos dengan mengirim simbul tradisional ke istananya sebagai tanda kesetiaannya. Kebertulan, letaknya terapit di antara dua Negara yang lebih berkuasa dari padanya, Laos dan Annam, upeti dibayar untuk keduanya. Mungkin penting bahwa pengakuan kedaulatannya dar Vientiane disetujui setiap 3 tahun, Annam menerimanya setiap tahun. 
Nakeo Koumane memerintah hanya 5 tahun. Penggantinya adalah pernah sepupunya karena perkawinannya, Vongsa, yang memakai gelar T'ammikarat dan memerintah sampai tahun 1622. Pemerintahannya tidak berakhir dengan menyenangkan. Puteranya, Oupagnouvarat menjadi sangat populer dan mulai mendapatkan banyak kekuasaan atas pemerintahan hingga ayahnya yang iri hati itu mendorongnya ke dalam pemberontakan. Angkatan Perang membantu Pangeran mudah itu dan mengalahkan ayahnya dan membunuhnya. Setahun kemudian beliau sendiri lenyap dan negeri jatuh ke dalam serangkaian peperangan dinasti yang berlangsung sampai tahun 1637. Selama kurun waktu ini 5 orang memerintah, tetapi sejarah dinasti itu demikian kaburnya hingga sedikit saja diketahui tentang mereka. 
Persaingan perebutan tahta itu memuncak dalam tahun 1637, ketika Soulinga-Vongsa, salah seorang daripada penuntut dalam peang itu, mengalahkan saingannya dan merebut kekuasaan. Beliau membuktikan dirinya sebagai orang kuat yang diperlukan negeri yang terpecah-pecah itu. Selama pemerintahannya yang 55 tahun lamanya itu, bukan saja keamanan dalam negeri telah dipulihkan tetapi juga hubungan baik telah ditananamkan dengan semua Negara-negara tetangganya. Pemerintahannya yang kuat dan memberikan kerajaannya kehormatan karena kekuatannya cukup untuk melemahkan setiap yang akan menjadi agressor menanggung resiko bila menyerangnya. Dengan demikian beliau mampu merundingkan serangkaian pesetujuan dengan tetangganya mengenai penetapan pasti batas kerajaannya.
Sebuah catatan yang jelas tentang suatu kunjungan ke Vientiane selama pemerintahannya telah sampai pada kita dari pena seorang Belanda, van Vuysthof yang pergi ke sana tahun 1641 dari kantor dagang Belanda di Phnom Penh dengan dua orang pembantu. Gubernur Jenderal van Diemen di Batavia sangat ingin menguras sumber-sumber "negeri gulmac dan kemenyang" itu. Kesulitan dan bahaya perjalanan ke Mekong terjadi dari tanggal 20 Juli sampai 3 Nopember. Saudagar-saudagar diterima baik oleh raja di Pagoda That Luong dan diadakan pertunjukan tari-tarian yang ramai, pertarungan memakai tombak sambil menunggang kuda dan balapan perahu untuk menggebirakan mereka. Pengiriman sejumlah besa "gulmac" dan kemenyang telah dijanjikan. Van Vuysthof terkesan, berangkat tanggal 24 Desember, meninggalkan kedua pembantunya untuk kemudian menyusul dengan seorang utusan Laos dan hadiah-hadiah untuk van Diemen. Melihat singkatnya waktu berada di situ sulit untuk mengetahui berapa besar nilainya dikaitkan dengan pernyataannya tentang masalah Laos itu, khususnya karena catatannya tentang kenaikan Soulinga Yongsa penuh dengan variasi keterangan yang diberikan dalam catatan pribumi. Mengenai pemerintahan negeri itu, ia menyebut tiga orang menteri besar yang memegang kekuasaan tertinggi dengan raja. Pertama kepala Staf Angkatan Bersenjata dan Komandan Ibu Kota Vientiene. Van Vuysthof menyebutnya "Tevinia-Assean", yang rupanya menunjukkan Tian T'ala, puteri tiri raja, yang menjadi perdana menteri. Yang kedua Gubernur dari Nakhone, yang menjadi wakil raja di bagian selatan kerajaan yang meluas sampai keperbatasan Kamboja. Yang ketiga, menteri Istana, yang mengurusi utusan-utusan asing. Ada juga Mahkamah Tinggi, yang terdiri dari 5 orang anggota keluarga kerajaan, yang mengurusi masalah-masalah civil dan kriminil.
 Van Vuysthof adalah orang Eropa pertama yang telah mengunjungi Vientiene. Pengetahuannya tentang geography kerajaan itu tidak cermat dan tidak mengetahui tentang Buddha secara mendalam, tetapi laporan hariannya itu rupanya melukiskan gambaran yang dapat dipercaya mengenai kemakmuran kerajaan itu seperti juga jumlah dan indahnya pagoda-pagoda dan bangunan –bangunan keagamaan lainnya. Seperti bangunan lorong Buddha yang menarik peziarah-peziarah dari jauh dan luas.
 Seorang Eropa lain, Piedmontese Jesuit Father Giovanni-Maria Leria, tiba di Vientiene sesudah tahun kunjungan van Vuysthof. Ia mencoba, tetapi tanpa hasil, minta ijin membuka misi Kristen di negeri itu. Pendeta-pendeta Buddha menentang keras ketika ia merencanakan tinggal di situ selama 5 tahun. Memoirnya dipakai oleh Jesuit lain, Father Merini, sebagai dasar bagi bukunya, Relation nouvelle et curieuse des royaume de Tonquin et de Laos, yang diterbitkan di Paris tahun 1666. Tak ada sesuatu yang terjadi dari selingan yang tiba-tiba ini oleh orang Eropa ke dalam daerah yang tak dikenal di hulu Mekong itu. Sungai itu sendiri, dengan riam-riamnya, bagian-bagian yang sempit di mana-mana, merupakan halangan yang cukup untuk menegakkan perdagangan orang Eropa, dan Buddhisme bagi pemasukan missi Kristen. Jelasnya sebelum sampai tahun 1861, seorang pedagang penyelidik Henri Mouhot, telah menginjakkan kaki di kerajaan yang terpencil itu, dan ia pergi ke Luang Prabang dengan gerobag yang ditarik oleh sapi jantan yang telah dikebiri.
Hanya satu peperangan yang mengganggu kedamaian yang dalam yang dipelihara oleh tangan kuat Soulinga-Vongsa. Tahun 1651 Raja dari Tran Ninh menolak permintaannya untuk menyerahkan puterinya Nang Ken Chan, untuk dikawin. Setelah permintaan diajukan bekali-kali dengan hasil yang sama Soulinga-Vongsa mengirim satu detasmen pasukan, tetapi dapat dipukul mundur. Kemudian sebuah expedisi yang lebih kuat dikirim yang merebut ibu kota. Chieng Khouang, dan memaksa raja menyerah. Peristiwa yang tak menyenangkan ini menyebabkan pertentangan yang lama dan mencelakakan antara kedua Negara itu yang berlangsung sampai abad XIX. Lepas daripada ini pemeintahan raja-raja Laos terbesar terutama dibedakan oleh hasil penting yang dicapai kebudayaan tradisional negeri itu. Musik, arsitektur, patung, lukisan, kerajinan emas dan perak, kerajianan menganyam keranjang dan pertenunan, semuanya berkembang[3]
            Bahkan, tetapi seorang raja seperti Soulinga-Vongsa, tak dapat menjamin kelanjutan stabilitas itu setelah mengkatnya. Satu-satunya puteranya, putera mahkota, menodai isteri Kepala Persatuan Pelayan Istana, tindakan kriminil itu dihukum dengan hukuman mati. Ketika Mahkamah Kerajaan menjatuhkan hukuman mati pada pemuda itu, ayahnya menolak mencampuri jalannya persidangan. Hasilnya adalah bahwa ketika raja mangkat tahun 1694, pewaris langsungnya, cucu-cucunya Raja Kitsarat dan Int'asom, terlalu muda untuk memerintah, dan perdana menteri yang sudah tua, Tian T'ala merebut tahta.
[3]Ips, kelas VIII, Nana supriatina, Grafindo,2006.hal26.

No comments:

Post a Comment