BERDIRINYA SEKOLAH ISLAM DI AMERIKA SEJAK TAHUN 1930-an


SUCI PURNANDES/ 14B / SP

Di Amerika, studi studi Islam pada umumnya memang menekankan pada studi sejarah Islam, bahasa bahasa Islam selain bahasa Arab, Sastra, dan ilmu ilmu sosial, berada dipusat studi Timur Tengah atau Timur dekat. Di UCLA studi Islam dibagi kepada komponen komponen.

·         Pertama, mengenai doktrin agama Islam, Termasuk sejarah pemikiran Islam.
·         Kedua, bahasa Arab termasuk teks teks klasik mengenai sejarah, hukum dan lain lain.
·         Ketiga, bahasa bahasa non Arab yang muslim, seperti Turki, Urdu, Persia, dan sebagainya. Sebagai bahasa yang dianggap telah ikut melahirkan kebudayaan Islam.
·          Keempat, ilmu ilmu sosial, sejarah, bahasa arab, sosiologi dan semacamnya.
Selain itu,  ada kewajiban menguasai secara pasif satu atau dua bahasa eropa. Para Umat Muslim di Amerika yang jumlahnya semakin bertambah juga membutuhkan pendidikan. Meskipun Sekolah Islam telah ada di Amerika sejak tahun 1930an, jumlahnya masih dibawah 60 pada tahun 1990an, namun lambat laun sekolah sekolah Islam di Amerika telah banyak tumbuh berdamping dengan sekolah lain. Mereka membangun sekolah sekolah muslim yang dahulu hanya merupakan tempat perkumpulan sesama umat muslim lain, atau bahkan hanya sebuah masjid. Sekarang dinegeri Paman Sam itu sudah berdiri sekitar 1.209 masjid. Lebih dari 20 persen masjid Amerika memiliki sekolah penuh waktu. Sedangkan sekolah sekolah Islam kini sudah lebih dari 250 sekolah Islam, tiga perguruan tinggi, 400 lembaga, sekitar 200.000 usaha dan lebih  dari 200 penerbitan, jurnal dan surat kabar mingguan. Di AS ada kantor dinas pendidikan yang disebut American Association of School Administrator ( AASA ). Kantor ini melakukan lobby untuk menggoalkan kebijakan yang diinginkan. Masyarakat diberitahu issu yang dimunculkan agar dapat menelepon pihak penentu kebijakan. Karena banyak yang memunculkan issu dimaksud, bisa jadi pihak pengambil kebijakan memenuhi keinginannya. Lobby kepada orang orang tertentu ternyata lebih baikketimbang dengan cara pengambilan keputusan secara voting. Nampaknya sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia, karena masyarakat cukup  ''mewakilkan'' orang di DPR yang sering tidak memenuhi harapan yang memberi mandat perwakilan.
Menurut www.suaramedia.com, salah satu sekolah Islam yang tekenal di Amerika adalah Sekolah Noor UI Iman dikampus Brunswick Selatan. Kemudian dibagian New Jersey terdapat sekolah bernama Society of Central New Jersey, yang memiliki sekolah parokial penuh waktu yang meliputi kanak kanak hingga sekolah dasar. Di daerah New Jersey sendiri terdapat 17 sekolah Islam yang telah bekerja penuh waktu layaknya sekolah sekolah di Amerika pada umumnya. Kemudian sekolah Islam juga tengah giat giatnya membangun kawasan pendidikan Muslim di daerah Ibukota Negara seperti Washington D.C. Untuk mengetahui tentang pendidikn Islam di Washington D.C , kita dapat melongok ke sebuah sekolag di negara bagian Maryland yang tak jauh dari Virginia dan Washington D.C. Sekolah tersebut adalah AL-Huda School Darus Salam berlokasi di 5301 Edgelwood Road, Colleg Park, Maryland, 20740. Kepala sekolah, Dr. Khalid Obeid, dan anggota Syura, Sayeed Jawed menjelaskan tentang misi, proyek, dan pendanaan. Sedangkan wakil kepala sekolah, Jose Acevedo menjelaskan tentang kurikulum, dan pengembangan kurikulum. Sekolah Al Huda sendiri didirikan tahun 1995 dengan maksud untuk membrikan pendidikan kepada anak didik agar ajaran Islan yang dipeluk tidak musnah ditelan situasi. Pelajaran akhlak sangat ditekankan, guna mengantisipasi kebrutaklan anak remaja seperti terjadi di AS dalam penembakan terhadap guru atau teman sekolahnya.
Bahasa Arab diperkenalkan dengan penggunaan langsung dalam kehidupan sekolah, metode pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa kedua sama dengan cara yang dipakai dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Pada prinsipnya kurikulum yang dipakai adalah standar yang diberlakukan di Kabupaten Montgomery, ditambah dengan bahasa Arab, al-qur'an, dan pelajaran keislaman lainnya. Orangtua murid tidak mutlak harus beragama Islam. Ada murid yang salah satu orang tuanya muslim, tetapi yang lainnya masih belum menerima ajaran Islam sebagai suatu kebenaran. Meski jumlah muridnya tidak banyak, namun hasil yang dicapai memuaskan. Ada seorang anak kelas 6 yang dapat berdakwah mengajak orangtua nya masuk Islam, dan berangan-angan kakek dan neneknya juga masuk Islam. Sekolah Islam juga tidak identik dengan pewajiban para peserta didiknya untuk menggunakan Jilbab atau penutup kepala, penulis menemukan sebuah sekolah di Amerika yang menurut warga Amerika secara luas merupakan sekolah paling toleran mengenai peraturan yang diberlakukan. Yang lebih unik adalah bahwa sekolah yang terletak di Pasadena, California itu memilik peserta didik dan tenaga pengajar yang bukan hanya dari kalangan muslim, tetapi juga banyak kalangan non Muslim. Sekedar informasi, bahwa kelebihan sekolah New Horizon School itu adalah mereka merupakan sekolah Islam pertama yang berdiri di Amerika Serikat (AS) Sejak 25 tahun yang lalu. Semua fasilitas sekolah didanai dari orang orang Islam sendiri. Sebagai sekolah swasta, tak ada bantuan dana dari pemerintah, sehingga tiap orang tua membayar kontribusi untuk SPP sebanyak $3.700. karena itu gaji guru lebih rendah dari pada guru disekolah negri, yaitu $22.00-$24.00 per tahun.
A.    KURIKULUM ISLAM
 Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyambut positif niat kelompok muslim AS yang sedang mengupayakan kurikulum Islam masuk kedalam sistem pendidikan di negara itu. Mereka berharap dengan masuknya kurikulum Islam akan terbangun pemahaman yang lebih baik mengenai Islam dikalangan warga AS. Demikian pernyataan Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel dalam jumpa wartawan sebelum membuka mengenai Islam di AS yang berlangsung di Pusat Kebudayaan AS, dijakarta Selatan pada Rabu malam. Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Asisten Duta Besar AS untuk ASEAN ini, dengan adanya kurikulum mengenai Islam pemahaman warga AS terhadap Islam dan kaum muslim akan semakin baik. Penyebabnya dari berbagai prasangka dan pendapat negatif adalah kurangnya pendidikan, sehingga pendidikan merupakan jalan yang bagus untuk dapat mengenal Islam lebih baik. Menurut saya itu akan memberikan efek yang positif,'' ujarnya. Saat ini, kaum Muslim di AS tengah berupaya untuk dapat memasukan kurikulum Islam kedalam kurikulum Islam ke dalam sistem pendidikan di AS. Upaya yang tengah menjadi perbicangan hangat ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Menurut ketua penyelenggara seminar tersebut, Christ Mcgrew jika Islam masuk ke dalam kurikulum maka warga AS dapat memperoleh informasi yang sebenarnya dan bukan seperti yang selama ini diberitakan oleh media masa di sana.
B.     PELAJARAN KE ISLAMAN DI AS
Ada sebuah organisasi keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan keislaman. Islamic Academy of Muslim Community Center (MCC), ditahun 15200 New Hampshire Avenue, Silver Spring, Maryland 20905 misalnya. MCC didirikan tahun 1976 dan mendapat dukungan dari masyarakat cukup bagus. Sebagai organisasi keagamaan, pendidikan, dan LSM sosial, MCC memiliki visi untuk menciptakan masyarakat Muslim yang bangga akan hazanah keislaman dan memberikan contoh kebaikan prinsip dan nilai nilai Islam. Sekolah Islam MCC pada mulanya hanya menyelenggarakan kegiatan pelajaran keislaman kepada anak anak setiap hari minggu dari pukul 11 : 00 – 13 : 00. Arealnya seluasnya  9,57 hektar yang dibeli tunai. Dengan pengumpulan uang dari para donaratur, pada tahun 1980 mendirikan gedung berlantai dua, dan tahun 1981 baru dimulai sekolah minggu. Tahun 1984 bangunan tahap kedua berlanati tiga yang menggabung dengan bangunan sebelumnya didirikan, dan tahun 1994 selesai membangun masjid senilai $1,2 juta dengan desain dua lantai dan dipersiapkan untuk kemungkinan perluasannya. Daya tampung masjid untuk salat jumat 600 orang, dan untuk salat Id menggunakan bangunan lainnya  guna menampung jamaah yang jumlahnyamelebihi 1.000 orang. Sejak 1997 dibuka sekolah hanya sampai kelas 6, dan lulusannya melanjutkan ke Al-Huda School.MCC. Perpustakaan yang di miliki terdiri dari buku dengan berbagai macam bahasa, paling banyak bahasa Urdu.
C.    SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Sistem pendidikan di amerika bukanlah merupakan sutu sistem yag dikuasai dan dikelola oleh pemerintah federal dan juga tidak oleh pemerintah negara bagian secra lansung. Pelaksanaan dan pengaturan sistem pendidikan dinegara adidaya ini dijalankan oleh Unified School District (USD) anggaran belanja USD dibiayai oleh PBB, dana anjaran belanja dari pemerintah negara bagian dan dana dari pemerintah federal sekolah yang berada dibawah pengelolaan USD Hrus memenuhi standar minimum buku sekolah setiap sekolah akan mendapatakn eveluasi berkala dari negara bagian. Biasanya USD mengelola SD SMP SMA dengan pendidikan SD 6 tahun SMP 2 tahun dan SMA 4 tahun. Anak anak diwajibkan sekolah dari usia 6/7 tahun. Diakumulasikan menjadi 18 tahun. Mulai usia 6/7 tahun, anak anak Amerika dapat mengikuti sekolah dasar selama 5/6 tahun. Kemudian masuk ke SMP selama 2/3 tahun, dan SMA selama 4 tahun. Setelah menyelesaikan SMA para siswa dapat bisa meneruskan belajar ke universitas. Belajar di Sekolah tinggi bertujuan untuk meraih gelar B.A sebagai pendidikan tingkat sarjana strata1 jenjang setelahnya dikenal dengan pasca sarjana. Pendidikan tinggi dapat ditempuh diberbagai lembaga , Universitas Negeri, Swasta, Sekolah tinggi 2 tahun, sekolah tinggi komunitas, sekolah keahlian, institut teknologi, institut teknik dan sekolah yang terkait dengan gereja. Sebelum memasuki dunia Universitas, seorang calon mahasiswa harus mempersiapkan diri semenjak di SMA dengan persiapan yang tearah dan terpadu. Jenjang berikutnya adalah pendidikan pasca serjana  untuk meraih gelar magister. Gelar M.B.A merupakan gelar yang amat populer yang ditempuh selama 2 tahun, tetapi juga ada gelar magister yang ditempuh selama 1 tahun. Gelar ini dipandang sebagai batu loncatan untuk menuju jenjang doktoral ( Ph.D ). Tetapi, ada sebagian mahasiswa yang bis mempersiapkan secara langsung bagi pendidikan doktoral, bahkan tanpa memperoleh jenjang magister hanya dibutuhkan waktu selama tiga tahun.
Visi dan misi Pendidikan AS
1.      VISION
New Horizon seeks to develop in each student a positive identy as an American Muslim who is prepared intellectually, socially,emotionally, and physically to succeed in tomorrow's world. New Horizon students are expected to integrate academic skills, qur'anic principles, and ethical behavior in order to make positive conttributions to the global community. New horizon aims to develop in each student a balanced character enriched with knowledge, inspired to excellence, and committed to the the batterment of family, community, and humanity.
2.      MISSION
New Horizon School is an independent Islamic school founded by the Islamic Center of Soutthern California in 1984. New H orizon School is commited to providing students with an excllent academic education and firm grounding in moral and ethical values. New Horizon School fosters a dedication to God throught virstous in a progressive Islamic environment.

Melihat perkembangan sekolah Islam yang cukup berkembang cukup besar di pesat Amerika ini menandakan warga Muslim di AS mampu bertahan meskipun dibawah kekhawatiran yang terus melanda setalah tragedi 9/11 hampir satu dasawarsa silam. Kemudian dari berkembangnya sekolah sekolah Islam Amerika, terlihat bahwa mereka mampu beradabtasi dan membaur dengan kehidupan sosial yang berkembang di daerah tersebut. Sebagai Negara yang menganut Liberalism dan kebebasan pribadi seperti Amerika, maka sudah sewajarnya mereka dapat menerima dengan sepenuh hati warga Muslim mereka. Demikianlah perkembangan pendidikan Islam Amerika Serikat yang memang patut untuk diapresiasikan, perjuangan para Muslim disana sungguh sangat gigih melawan kekufuran dan kemaksiatan yang merajalela.

DAFTAR PUSTAKA
1.      Abudin,Nata.Prof.DR.M.A. 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
2.      Bradjanagara, Sutedjo. 1956. Sedjarah Pendidikan Amerika. Jogyakarta: Badan Kongres Pendidikan Indonesia
3.      Steeinbrink,Karel.A.1986.Pesantren,Madrasah,SekolahPendidikanIslamdalam Kurun Moderen.Jakarta:LP3ES



No comments:

Post a Comment