Keadaan negara India

Maharunnisah/S/EA
Keadaan Negara India
                  India merupakan negara terbesar ketujuh di dunia yang  Terletak di asia selatan dan india adalah rumah dari lebih satu miliar orang. india merupakan  negara yang memiliki penduduk yang terbesar dan memiliki beragam etnik dan budaya dan Merupakan negara demokrasi terbesar. Wilayah india berbatasan dengan enam negara, paling banyak di bagian utara  di antaranya dengan myanmar,nepal dan bhutan. 

                  Wilayah india mengelilingi wilayah negara bangladesh pada ketiga sisinya. India juga terlibat perselisihan yang panjang dalam masalah perbatasan wilayah dengan dua negara tetangga lainnya yaitu pakistan di barat laut dan cina di utara. Daratan negara ini merupakan  variasi bentang lahan yang menakjubkan, yaitu terdiri dari padang  pasir yang kering, daratan tinggi yang subur dan daratan yang luas. Sebagian besar lahan pegunungan tinggi dan termuda di dunia. Yaitu pegunungan himalaya, membentang di wilayah india  dengan panjang bentangan lebih dari 2.300 km di bagian utara , pegunungan himalaya dan perbukitan yang menjadi perbatasan geografis raksasa wilayah negara ini di sebelah utara. Dan bagian lahan india ke selatan merupakan semenanjung besar yang merojok masuk ke samudra hindia. Dan di sebelah laut arab dan di sebelah timur terdapat teluk benggala.
                  Di semenanjung bagian selatan umumnya terdiri dari perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 456m- 1.220m,di antaranya pegunungan aravalli,vindhiya, satpura,maikala dan anjata. Di bagian timur dan  barat semenanjung ini  terdapat pegunungan ghats barat dan ghats timur, di bagian selatan terdapat  bukit nilgiri. Daratan yang tinggi terletak di sudut barat laut  berbatasan dengan lembah gangga dan di sebelah selatan terletak bukit-bukit vhindya(1.219m).
                   Tanaman yang penting di daerah itu adalah gandum dan kapas, dan di bagian timur terdapat daratan tinggi  yang banyak mengandung mineral daerah di bagian barat dekan yang merupakan plato tanah hitam, banyak di tanami sorgum dan kapas. Di pantai barat merupakan jalur daratan rendah dan jalur lereng tebing yang sempit.  Curah hujan di daerah yang menghadap ke laut mencapai lebih dari 2500 mm pertahun, tetapi makin ke utara makin kurang semenanjug bagin selatan menerima curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.daerah ini di tanami padi, kapas,tebu dan coklat. Dahulu sebagian besar daratan india diliputi hutan, tetapi banyak diantarannya yang sudah berubah menjadi semak belukar,kIni hanya sekitar seperempat dari seluruh daratanya (sekitar 822.000 km) yang dapat di golongkan sebagai hutan.
                   Dan pada pokoknya india mengalami dua macam iklim yakni iklim tropis dan subtropis,pergantian musim terjadi sebagai berikut:'' musim dingin berlangsung  dari oktober sampai akhir februari, musim panas dari awal  maret sampai pertegahan juni, musim hujan dari pertengahan juni sampai dengan september''.(Gifford clive.1997:29)Curah hujan di pantai barat lebih dari 2.000 mm pertahun.Madras dekan bagian selatan  dan bagian barat laut  500-1.000 mm pertahun, dan daerah himalaya mendapat curah hujan yang sangat besar.
                  Luas areal seluruh hutan india tercatat  sekitar 718.000 km. Hutan terluas terdapat di madhya paradesh( india tengah) yakni sekitar  133.000 km.  Di bagian timur dan tenggara  yakni di orissa dan andhra pradesh, masing –masing sekitar  50.000 km. Walaupun yang di namakan hutan yang di sini cukup bervariasi. Hasil hutan terutama kayu, dari tahun ke tahun tidak sama besar. Sejak tahun 1965, produksi kayu pulp india terus mengalami kenaikan yang cukup besar sedangkan kayu papan hanya mengalami kenaikan kecil.bambu, karet, damar,dan rempah-rempah juga penting.
    ''India memiliki ekonomi yang berada dalam urutan ke-10 dalam konversi mata uang dan ke-4 terbesar dalam PPP''. (Gifford clive.1997:31) Dia memiliki rekor ekonomi dengan pertumbuhan tercepat sekitar 8% pada 2003. Dikarenakan populasinya yang besar, namun pendapatan per kapita India berdasarkan PPP hanya A$$3.262, berada di urutan ke 125 oleh bank dunia. Cadangan pertukaran asing India sekitar AS$143 miliar. mumbai merupakan ibu kota finansial negara ini dan juga merupakan rumah dari reserve bank of india dan bursa efek mumbai. Meskipun seperempat dari penduduk India masih hidup di bawah garis kemiskinan, jumlah kelas menegah yang besar telah muncul karena cepatnya pertumbuhan dalam industri teknologi informasi.
Ekonomi India dulunya banyak tergantung dari pertanian, namun sekarang ini hanya menyumbang kurang dari 25% dari PDB.Industri penting lainnya termasuk pertambangan,petroleum,pengasahan berlian, film,tekstil,teknologi informasi, dan kerajianan tangan.kebanyakan daerah industri India berpusat di kota-kota utamanya.Tahun-tahun belakangan ini, India telah muncul sebagai salah satu pemain terbesar dalam'' perangkat lunak dan bussines process outsearching , dengan pendapatan sekitar AS$17,2 miliar pada 2004-2005''. (Gifford clive.1997:34) Dan ada juga banyak industri skala kecil yang meyediakan lapangan kerja yang stabil bagi penduduk di kota kecil dan pedesaan.
Meskipun India hanya menerima sekitar tiga juta pengunjung asing setiap tahun, pariwisata tetap penting tapi masih sumber pendapatan nasional yang belum berkembang. Pariwisata menyumbangkan 5,3 persen dari PDB India. Partner perdagangan utama India termasuk amerika serikat,jepang, republik rakyat cina, uni emirat arab.
Ekspor utama India termasuk produk pertanian, tekstil, batu berharga dan perhiasan, jasa perangkat lunak dan teknologi, hasil teknik, kimia, dan hasil kulit sedangkan komoditas impornya adalah minyak mentah, mesin, batu berharga, pupuk, kimia. Pada tahun 2004, total ekspor India berjumlah AS$69,18 miliar sedangkan impor sekitar AS$89,33 miliar.
 Hampir tiga seperempat daerah pertanian india di tanami dengan tanaman pangan di antaranya seperempat bagian padi yang di tanam dan masing-masing memerlukan kondisi tanah dan iklim tertentu, seperti suhu rata-rata 24 C dan curah hujan 1.500- 2000 mm sehingga tidak lagi memerlukan pengairan,padi kebanyakan di tanam di daerah- daerah delta di sepanjang pantai timur antara lain di benggala,andhra pradesh, dan tamil nadu, begitu pula di bihar madya pareadesh  dan uttar paradesh Dan ladang gandum  meliputi sepertiga  lahan pertanian india. India dapat menghasilkan 50 juta ton gandum pertahun, dua pertiga  hasil gandum india diperoleh dari negara-negara abgian madya paradesh. Lahan untuk jowar lebih luas dari pada lahan gandum, tetapi hasilnya jauh lebih rendah.jenis tanaman ini banyak di tanam di india tengah dan india selatan yakni di andhra paradesh,mysore, dan madya paradesh, bajra,jagung, ragi, padi juga di tanam di berbagai daerah.
Hasil bumi yang di perdagangkan terdiri dari hasil perkebunan besar dan hasil pertanian tradisional. Komoditas utama adalah teh. India sudah mengespor teh sebelum negara ini merdeka dan sesudah merdeka daerah penanamanya di perluas, kopi dan karet juga banyak di tanam di india, dan india merupakan salah satu negara penghasil lada terbesar di dunia.  Hasil bumi dari sektor pertanian  tradisional juga banyak meningkat sesudah india merdeka,tetapi sementara itu kebutuhan dalam negeri juga meningkat. Sejak tahun 1975 idia menghasilkan 140 juta ton gula pertahun, kapas lebih dari 1 juta ton dan kacang tanah sekitar 7 juta ton. Hampir separuh dari gula itu di hasilkan di uttar pradesh, kapas dan kacang tanah  terutama di daerah antara gujarat dan maharastra di sebelah barat, punjab di utara dan tamil nadu di selatan. Tanaman lain diantaranya kelapa,yute dan mesta.peternakan juga memegang peranan penting dalam perekonomian india.''walaupun orang hindu memuja sapi dan tidak memakan dagingnya.jenis ternak ini memegang peranan penting dalam pertanian, umumnya sapi dan kerbau di mamfaatkan dalam mengolah lahan pertanian''. (Gifford clive.1997:36)
Dan juga tampak pertumbuhan pesat dalam sektor perikanan,terutama dalam bidang perikanan darat. Pada awal tahun 1950 an hasil Ikan tangkapan tercatat sekitar 760.000 ton pertahun, jumlah ini kini telah meningkat menjadi 3,5 juta ton atau hampir  500 persen dan sepertiganya adalah hasil perikanan darat. Pada umumnya ikan yang di jual ke pasar adalah ikan segar, tetapi dengan adannya pabrik pendinginan ikan dan india juga telah menggalakkan budidaya udang Terutama untuk ekspor .
Dan dalam sektor industri india memiliki dua kelompok industri utama yakni industri tradisional sudah di kembangkan secara lebih terencana di desa-desa, terlebih sesudah india merdeka. Produksi terpenting ialah khadi, sejenis pakaian yangk di tenun menurut teknik tradisional dan produksi lain dalam bentuk kerja skala kecil ialah mesin jahit, kipas angin,sepeda dan barang-barang kerajinan. Namun bidang industri ini tidak banyak memberikan lapangan kerja tetap, sebab pekerjaan tersebut banyak dilakukan di dalam unit-unit keluarga di dalam rumah. Dan industri modern seperti besi dan baja telah ada sejak tahun 1911 dengan di bukanya pabrik jamshedpur.
Tiga dekade kemudian produksi pabrik ini tercatat sebesar 2,5 juta ton besi dan 1,75 juta ton baja pertahun dan salah satu target repelita india yaitu pengembangan produksi besi dan baja di laksanakan di bhilai,durgapur dan bokaro.dan sektor industri modern lainya juga banyak di kembangkan yaitu industri rekayasa listrik ringan dan berat berkembang pesat salah satunya adalah produksi mesin disel dan mesin jet dan produksi berbagai bahan kimia juga meningkat tajam seperti superfosat misalnya meningkat dari 62.000 ton pada awal 1960 an menjadi 122.000 ton per tahun pada tahun 1970 an. Selain itu industri film india yang biasa di sebut bollywood terus berkembang yang berpusat di mumbay(bombay) setiap tahun industri film india menghasilkan banyak film dan diedarkan di berbagai belahan dunia.
Kebanyakan industri-industri  tersebut muncul di dekat-kota yang sebelumnya sudah dikenal sebagai pusat pengepalan berbagai komoditas pertanian, seperti calcutta, bombay, dan ahmada bad. Belakangan ini kota jamshedpur , yang sebelumnya di kenal sebagai kota industri batu bara dan besi, juga berkembang amat pesat, kawasan industri utama kini terletak di bagian timur laut, bagian barat dan bagian selatan india.
Daftar pustaka         
Sumber internet:
Sumber buku:
Clive, Gifford.1997.Ensiclopedia indonesia.Jakarta:Ichtiar baru van hoeve.
Clive, Gifford.1997.Ensiclopedia indonesia seri geografi.Jakarta:Ichtiar baru van hoeve.

No comments:

Post a Comment