MASUKNYA PENIDIKAN ISLAM DI SPANYOL


Mamik Yuliana/14/B/SP
Semenanjung Iberia di Eropa, yang meliputi wilayah Spanyol dan wilayah Portugal sekarang ini, menjorok ke selatan ujungnya hanya dipisahkan oleh sebuah selat sempit dengan ujung benua Afrika. Bangsa Grit tua menyebut selat sempit itu dengan tiang-tiang Hercules dan di seberang selat sempit itu terletak di benua Eropa. Selat sempit itu sepanjang kenyataan memisahkan lautan tengah dengan lautan atlantik. Semenanjung Iberia, sebelum ditaklukkan bangsa Visighots pada tahun 507 M, didiami oleh bangsa Vandals. Justru wilayah kediaman mereka itu disebut dengan Vandalusia. Dengan mengubah ejaanya dan cara membunyikannya, bangsa Arab pada masa belakangan menyebut semenanjung Iberia itu dengan Andalusia. Spanyol diduduki oleh umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang
khalifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Sebelum penaklukan Spanyol, umat islam telah menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi dari dinasti umayyah. Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara itu terjadi di zaman Khalifah Abdul Malik (685-705 M). Khalifah Abdul Malik mengangkat Hasan bin Nu'man Al-Ghassani menjadi Gubernur di daerah itu. Pada masa khalifah Al-Walid, Hasan bin Nu'man sudah digantikan oleh Musa bin Nushair. Di zaman Al-walid itu, Musa bin Nushair memperluas wilayah kekuasaanya dengan menduduki Aljazair dan Maroko. Selain itu, ia menyempurnakan penaklukan ke daerah-daerah bekas kekuasaan bangsa Barbar di pegunungan-pegunungan, sehingga mereka menyatakan setia dan berjanji akan membuat kekacauan-kekacauan seperti yang pernah mereka lakukan sebelumnya. Dalam proses penaklukan Spanyol ada 3 pahlawan Islam yang memimpin pasukan kesana yakni Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair. Namun, yang sebagai perintis dan penyelidik kedatangan Islam ke Andalusia adalah Tariq ibn Ziyad. Ia yang telah memimpin pasukan tentera menyeberangi lautan Gibralta (Jabal Thariq) menuju ke semenanjung Iberia. Musa ibn Nushair pada tahun 711 M, mengirim pasukan Islam dibawah pimpinan Thariq bin Ziyad yang hanya berjumlah 7000 orang dan tambahan pasukan 5000 personel yang memang tak sebanding dengan tentera pasukan Gothik yang berkekuatan 100.000 lengkap bersenjata. Namun, pada akhirnya, Thariq bin Ziyad mencapai kemenangan, dengan mengalahkan Raja Foderick di Bakkah dan menaklukan kota-kota penting seperti Cordova, Granada, Toledo dan hingga akhirnya menguasai seluruh kota penting di Spanyol.

Faktor Penunjang Pengembangan Pendidikan Spanyol Islam
Ilmu pengetahuan Spanyol Islam tidak telepas dari berbagai factor, baik factor internal maupun eksternal. Factor internal dalam hal ini adalah factor ajaran islam sebagai motivasi, nilai dan doktrin merupakan factor utama dalam memajukan pendidikan Spanyol Islam. Ini terlihat dari gairah umat Islam dalam menyikapi dorongan tersebut. Mereka menyikapi ilmu pengetahuan bukan untuk mencari kedudukan tertentu dalam susunan pemerintahan, akan tetapi karena tuntutan ajaran Islam. Factor ekstrinsik merupakan factor yang berhubungan dengan upaya kaum muslimin Spanyol dalam menciptakan kultur Islam dalam bentuk peradaban. Factor tersebut antara lain:
·         Factor kekuasaan; Factor ini direflesikan dalam bentuk kebijaksanaan penguasa Umayah II dan penguasa lainnya, member dukungan yang sangat kuat dalam perkembangan pendidikan.
·         Faktor akademis. Munculnya lembaga pendidikan di Spanyol memiliki saham yang cukup besar dalam menstimulasi dan mendinamisir kaum muslim untuk mengembagkan pendidikan dan melalukan berbagai rangkaian riset.
·         Factor kompetisi posotif. Dimensi ini memberikan nuansa, bahwa ketika mereka berlomba-lomba mengembagkan ilmu pengetahuan akan tetapi mereka masih menjaga kode etik dan harmonisasi hubungan pertransperan ilmu.



Pendidikan Spanyol Islam Bagi Perkembangan Dunia Modern
Spanyol Islam mencapai jaman keemasan, dengan kebangkitan dinamika intelektualitasnya dalam segala bidang ilmu pengetahuan secara integral dan harmonis antara tahun 1050-1300 M. di sisi lain, pada waktu bersamaan dunia belahan Eropa mengalami stagnasi ilmu pengetahuan. Dogma gerejani yang melarang mempelajari dan menganggap filsafat dan ilmu Yunani berbahaya bagi agama Kristen.Kondisi inilah yang menyebabkan banyak para ilmuan Eropa yang haus akan ilmu pengetahuan, keluar dari negaranya. perkenalan mereka dengan dunia Islam menyebabkan mereka kagum dengan kebijaksanaan pemerintah dan semangat umat Islam dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Mereka berupaya mentransper ilmu pengetahuan yang berkembang di dunia Islam ke dunia Eropa, dengan jalan menerjemahkan sejumlah buku-buku.
Bunga dasri pencerahan ilmu pengetahuan inilah yang menstimuli timbulnya institusi baru ilmu pengetahuan di Eropa. Dari sinilah kemudian lahir beberapa lembaga pendidikan di Eropa.
Pola Pendidikan Islam di Spanyol
1.      Kuttab
Di Andalusia banyak terdapat kuttab-kuttab yang menyebar sampai ke pinggira kota. Pada lembaga ini, para siswa mempelajari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, seperti fikih, bahasa dan sastra, music dan kesenian. Kuttab termasuk lembaga pendidikan yang terendah yang sudah tertata dengan rapi di saat itu. Pada lembaga ini siswa-siswanya mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan di antaranya:
a.       Fikih
Pemeluk Islam di Andalusia menganut mazhab Imam Maliki. Tokoh-tokoh yang termahsyur di sini diantaranya tersebut nama Ziyad ibnu Abd. Ar-Rahman, Abu Bakar ibn al-Qutiyah, Munzir Ibn Said al-Baluti dan Ibn Hazm yang sangat popular di kala itu.
b.      Bahasa dan Sastra
Bahasa arab menjadi bahasa resmi umat Islam di Spanyol, bahasa ini dapat dipelajari di kuttab, bahkan kepada siswanya diwajibkan untuk selalu melakukan dialog dengan memakai bahasa resmi Islam (bahasa arab), sehingga bahasa ini menjadicepat popular dan menjadi bahasa keseharian.Totkoh-tokoh bahasa tersebut adalah Ibn Sayidih, Ibn Malik yang mengarang Al-Fiyah, Ibn Khuruf dll. Di bidang sastra tersohor nama Ibn Abd. Rabbih, Ibn Bassam dan Al-Fath ibn Khaqam.
c.       Musik dan Seni
Di Spanyol berkembang music-musik yang bernuansa arab yang merangsang tumbuhnya nilai-nilai kepahlawanan. Banyak tokoh music yang bermunculan ketika itu, di antaranya Al-Hasan ibn Nafi yang dijuluki Ziryab (789-857). Ziryab selalu tampil pada acara-acara perjamuan kenegaraan di Cordova, karena ia merupakan aransemen music yang handal dan piawai pula mengubah syair-syair lagu yang pantas dikonsumtifkan kepada seluruh lapisan dan tingkat timur.

2.      Pendidikan Tinggi
Tidak dapat dipungkiri bahwa Islam di spanyol merupakan tonggak sejarah peradaban, kebudayaan dan pendidikan pada abad kedelapan dan akhir abad ketiga belas. Universitas Cordova berdiri megah dan menjadi ikon Spanyol,sehingga Spanyol termashyur ke seluruh dunia.Universitas ini tegak bersanding dengan Masjid Abdurrahman III, yang pada akhirnya berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkenal dan setara dengan Universitas Al-Azhar di Cairo dan Universitas Nizamiyah di Baghdad. Secara garis besar perguruan tinggi di spanyol terdapat dua konsentrasi ilmu pengetahuan yaitu:
-          Filsafat
Universitas Cordova mampu menyaingi Baghdad, salah satu diantaranya karena mampu mengimpor ilmu filsafat dari belahan timur dalam jumlah yang besar.Ibnu Bajjah adalah filosof muslim yang pertama dan utama dalam sejarah kefilsafatan di Andalus. Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad ibnu Yahya ibnu Al-Shaiq, yang lebih terkenal dengan nama ibnu Bajjah. Dilahirkan di Zaragoza, ia pindah ke Sevilla dan Granada. Meninggal karena keracunan di Fez tahun 1138 M dalam usia muda. Seperti Al-Farabi dan Ibnu Sina di Timur, masalah yang dikemukakannya bersifat etis dan eskatologis. Magnum opusnya adalah Tadbir al-Mutawabbid. Tokoh utama kedua adalah Abu Bakr ibn Thufail, penduduk asli Wadi Asy, sebuah dusun kecil di sebelah Timur Granada dan wafat pada usia lanjut pada tahun 1185 M. ia banyak menulis masalah kedokteran, astronomi dan filsafat. Karya filsafatnya yang terkenal adalah Hay ibn Yaqzhan.
-          Sains
Tercatat nama Abbas ibn Farnas yang termasyur dalam ilmu kimia dan astronomi. Ia adalah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu. Perkembangan sains pada daerah ini diikuti pula oleh ilmu kedokteran, matematika, kimia dan music serta ilmu lainnya, bahkan ada ilmuan wanita yang ahli kedokteran, yaitu Umm al-Hasan binti Abi Ja'far.
Faktor Pendukung Kemajuan Islam di Spanyol
1)      Adanya dukungan dari penguasa, membuat pendidikan Islam cepat sekali maju, karena penguasa sangat mencintai ilmu pengetahuan dan berwawasan jauh ke depan.
2)      Adanya beberapa sekolah dan universitas di beberapa kota Spanyol yang sangat terkenal (Universitas Cordova, Malaga, Sevilla, dan Granada).
3)      Banyaknya para sarjana Islam yang dating dari ujung timur dan ujung barat wilayah Islam dengan membawa berbagai buku dan berbagai wawasan.
4)      Adanya persaingan antara Abbasiyah di Baghdad dan Umayyah di Spanyol dalam bidang ilmu pengetahuan dan peradaban.
5)      Runtuhnya Kedigdayaan Islam di Andalusia
Di antara penyebab keruntuhan peradaban dan pendidikan Islam di Andalusia adalah:
-          Konflik Agama
Pada akhir-akhir kemajuan peradaban pendidikan Islam di Andalusia, telah muncul ke permukaan paham-paham dan perbedayaan keyakinan. Kondisi yang tidak menguntungkan bagi umat Islam telah membuat "berani" umat Kristiani menampakkan dirinya ke permukaan. Bahkan terang-terangan berani menentang kebijakan penguasa Islam di kala itu.
-          Ideologi Perpecahan
Kultur social kemasyarakatan ketika itu amat berpeluang besar terjadinya pertikaian, apalagi dengan tida adanya sosok pemimpin yang dapat mempersatukan ideology yang telah memecah belah persatuan.Sehingga keamanan negeri tidak lagi bisa terjamin dan terjadinya perampokan di mana-mana. Kondisi seperti ini dimanfaatkan oleh umat Kristiani untuk menyusun kekuatan.
-          Krisis Ekonomi
Dalam situasi semakin sulit, umat kristiani tidak lagi jujur dalam membayar upetinya kepada penguasa Islam, dengan berbagai dalih. Sering terjadi perampokan yang diskenario oleh kelompok Kristiani, dan pada akhirnya menuduh Islam yang berbuat aniaya kepadanya.

-           Peralihan Kekuasaan
Granada yang merupakan pusat kekuasaan Islam terakhir di Spanyol jatuh ke tangan Fendinand dan Isabella, sementara di kalangan Islam sendiri terjadi perpindahan kekuasaan dengan system ahli waris. Pola yang masih dipertahankan umat Islam dalam menggantikan tampuk kepemimpinan kadang jauh dari kelayakan.

DAFTAR PUSTAKA
1.      Harum, Maidir. 2001. Sejarah Pendidikan Islam. Padang: IAIN Imam Bonjol.
2.      Munir, Syamsul. 2009. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah
3.      Nizar, Samsul. 2009. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.



No comments:

Post a Comment