Perkembangan penduduk dan sumber daya manusia di daerah kanada

ISMAWARDINA/S/EA

Kanada, secara historis dikenal sebagaiDominion of canada, adalah negara paling utara diAmerika utara..Merupakan federasi dari 10 provinsi, dan 3teritori dengan sistem desentralisasi, dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang konfederensi Ibu kota Kanada adalah Otawa, tempat parlemen nasional, dan juga tempat tinggal Gubernur jenderal, dan perdana menteri. Merupakan bekas jajahan perancis, dan Britania Raya, Kanada adalah anggotaLa
francophonie, dan Negarapersemakmuran.Kanada merupakan negara terluas diAmerika utara. Luas negara Kanada 9.970.610 kilometer persegi.Kanada digolongkan negara maju, dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah. Urutan ke empat di duduki oleh Negara Kanada. Di Benua Amerika, Canada tercatat sebagai indeks pembangunan manusia sebesar yaitu 0,966 Menyusul United State yaitu sebesar 0,956. Jika dibandingkan dengan Indonesia yang hanya sebesar 0,734 kelihatan sangat rendah. Indeks pembangunan manusia yang tinggi di Canada karena Canada memiliki populasi cerdas dengan tingkat pendidikan yang tinggi dan angka melek huruf yang tinggi. Selain itu Canada terkenal dengan sistem pelayanan kesehatan gratis diatas sebuah angka harapan hidup sebesar 80,7 tahun.
Kanada merupakan negara besar dengan garis pantai terpanjang di dunia,mencakup daerah paling utara benua amerika utara hingga masuk jauh ke lingkaran Artik.dan di sini juga di sebutkan kanada ini negara terluas kedua di dunia setelah rusia.kanada di sisi timur berbatasan dengan negara bagian Alaska,Amerika serikat.Sedangkan batas wilayah selatan,juga berbatasan dengan AS,memanjang sejauh 6.400 km.Kanada memiliki bentang lahan yang bervariasi,seperti rangkaian pegunungan berbatu,padang es yang luas,prairi yang subur,dataran rendah beriklim sedang,dan hamparan dataran.Luas pulau-pulau yang ada hampir seperenam dari total luas wilayah daratan yang dimilikinya.Baffin merupakan pulau terbesar kelima didunia "(Mike Davis,2007, hal: 30).
 salah satu negara dengan kepadatan penduduk terendah didunia,yaitu rata-rata 4 orang per km.sebagian wilayah yang luas,terutama di bagian utara yang dingin,merupakan daerah yang tidak berpenghuni.sebagian besar penduduk menetap di daerah yang relatif sempit di bagian selatan.wilayah di bagian selatan ini memiliki iklim yang lebih sejuk ketimbang iklim es yang sangat dingin di utara.ibukota kanada adalah ottawa.akan tetapi,dua kota terbesar di kanada adalah Toronto dengan populasi penduduk sebesar 4.683.000 jiwa dan montreal dengan penduduk 3.426.000 jiwa.kanada dihuni oleh orang-orang berbahasa inggris dan prancis.dewasa ini orang-orang keturunan eropa mencapai dua pertiga dari seluruh penduduk yang ada.Selain memiliki wilayah pertanian subur yang luas,kanada juga di kenal kaya akan sumber daya mineral. Kanada juga merupakan negara industri, dan teknologi maju, berkecukupan dalam pengadaan energi dikarenakan tersedianya bahan bakar fosil, energi nuklir, dan tenaga hidroelektrik Ekonominya bergantung pada banyaknya sumber daya alam, dan perdagangan, terutama denganAmerika serikat, di mana Kanada memiliki hubungan yang luas, dan panjang (lihat Hubungan As-kanadaMeskipun modern, ekonomi kanada tetap meluas, sumber daya alam tetap sebagai kekuatan yang mengendalikan ekonomi negara tersebut "(Paula Borton,2007, hal: 39).
Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia dalam luas wilayah, setelah Rusia, meliputi sekitar 41% benua Amerika Utara. Kebanyakan wilayah Kanada terletak di daerah Arktik bagaimanapun, dan demikian Kanada memiliki satu-satunya keempat tanah paling terpakai setelah Rusia, RRC, dan AS. Kepadatan penduduk ialah 3.2 orang per kilometer persegi, yang luar biasa rendah dibandingkan negara lainnya. 80 % orang-orang Kanada tinggal dalam 200 km dari AS, wilayah iklim sedang, dan tanah yang terbaik ditanami di seluruh negara. Sedangkan Kanada meliputi daerah geografis lebih luas daripada tetangga terdekatnya, hanya punya sepersembilan penduduknya.Bagian berpenduduk terpadat negeri ini ialah lembah Danau-Danau besar Sungai saint lawrence di timur. Utara negeri ini ialah Pelindung kanada yang luas, daerah batu yang tergosok bersih oleh Abad es akhir, bertanah tipis, kaya mineral, dan dieksploitasi dengan danau, dan sungai — lebih 60 % danau dunia terletak di Kanada. Pelindung Kanada mengepung Teluk Hudson yang luas.
Ekonomi Kanada sekarang ini mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomu berorientasi-pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Di abad terakhir, pertumbuhan luar biasa dalam produksi, pertambangan, dan sektor pelayanan telah mengubah negara ini dari ekonomi pedesaan menjadi industri perkotaan. Energi dapat dipenuhi sendiri, Kanada memiliki cadangan gas alam yang banyak di pesisir timur, dan tiga provinsi barat, dan juga banyaknya sumber daya lain.Kanada telah berhasil menghindari resesi ekonomi setelah 2001, dan telah mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di dalam grup G8.Dengan banyakanya sumber daya alam, tenaga kerja trampil, dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi padat.
Dibayangi dua kesulitan, yang pertama adalah perbedaan politik atas konstitusi antara Quebec, dan Kanada lainnya. Ini telah meningkatkan kemungkinan perpisahan di federasi. Namun, karena ekonomi telah menguat, terutama di Quebec, ketakutan akan perpecahan telah mereda.
Perhatian masa panjang lainnya ialah kekhawatiran mengalirnya profesional ke selatan (AS) yang biasa disebut "Pengeluaran Otak", karena dipikat oleh pembayaran tinggi, pajak rendah, dan kesempatan teknologi tinggi. Secara serempak, "Pemasukan Otak" juga terjadi, dengan masuknya imigran terdidik (terutama dari negara berkembang) ke Kanada.UU Konstitusi 1982 mengakui 3 kelompok utama penduduk asli di Kanada:penduduk Asli, Inuit, dan Metis. Penduduk asli sedang berkembang hampir 2 kali secepat penduduk lainnya di Kanada. Penduduk asli menyusun sekitar 3% orang Kanada, atau kira-kira 790.000 orang. Sekitar 69% merupakan penduduk asli, 26% Métis, dan 5% Inuit.
Kini, lebih daripada 50 bahasa yang berbeda yang diucapkan oleh penduduk asli, kebanyakan yang diucapkan hanya dari Kanada. Bagaimanapun, seluruhnya namun sedikit dalam kemerosotan. Dalam Northwest Territories, dan Nunavut, ada 11 bahasa resmi: Inggris, dan Perancis dengan kedudukan khusus, dan 6 bahasa asli:Chipewyan,Cree ,Dogrib , Gwich'in, Inuinnaqtun,Inuktitut, Inuvialuktum, Slavey Utara, dan Slavey Selatan. Satu-satunya bahasa penduduk asli yang dipercaya secara penuh dapat tersokong saat ini ialah Cree (dengan 72.885 penutur bahasa ibu), Inuktitut di NWT, dan Nunavut; 29.010 penutur), dan Ojibme bersama dengan Cree, Ojibwe akan menyusun 150.000 penutur).
Pendidikan di Kanada disediakan, didanai, dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi, dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi. Pendidikan di Kanada umumnya dibagi pada pendidikan Dasar (Primary School , Public School), kemudian pendidikan Menengah (High School), dan pendidkan tinggi (Universitas, College). Pada setiap provinsi-provinsi terdapat ada dewan sekolah yang mengawasi pelayanan pendidikan, dan penyelenggaraan program-program pendidikan. Pendidikan wajib bagi pendudu kanada sampai usia 16 tahun di seluruh provinsi di Kanada, kecuali untuk Ontario, dan New Brunswick, di mana usia wajib sampai 18 tahun. Di beberapa provinsi ada beberapa pengecualian untuk tidak wajib meneruskan pendidkan pada umur 14 tahun yang dapat diberikan dalam keadaan tertentu. Kanada mewajibkan sekolah selama 190 hari dalam setahun, secara resmi dimulai dari bulan September (setelah Hari Buruh) sampai akhir bulan Juni (biasanya hari Jumat terakhir bulan, kecuali dalam beberapa kasus di Quebec ketika itu hanya sebelum Juni 24 - provinsi hari libur ). Budaya Kanada secara besar dipengaruhi budaya, dan tradisi Inggris, dan Prancis sebagai akibat masa kolonialnya dahulu. Di samping itu, budaya Kanada juga telah dipengaruhi budaya Amerika karena kedekatannya dengan 2 negeri, dan migrasi orang, gagasan, modal, dan politik melintasi perbatasan. Walau budaya yang diwarisi itu, budaya Kanada telah mengembangkan banyak ciri unik. Dalam banyak hal, budaya Kanada yang lebih tegap, dan jelas telah berkembang pada tahun-tahun terkini, terutama karena rasa kebangsaan yang meliputi Kanada pada tahun-tahun yang menyerahkan, dan mengikuti Seratus tahun kanadapada 1967 dan juga karena fokus pada program untuk mendukung seni, dan budaya Kanada oleh pemerintahan federal.
Orang-orang Eropa awal membantu dari dasar budaya Kanada. Selama kolonisasi Kanada para pemukim menulis banyak Cerita rakyat tentang tanah di sekitar mereka. Cerita Paul Bunyan merupakan produk cerita rakyat Kanada-Prancis, dan gaya Tarian gerakcepat dari Newfoundlandmenemukan asalnya diirlandia.Banyak film, pengarang, tontonan TV, dan musisi Amerika sama-sama terkenal di Kanada, dan vice-versa melintasi batas. Banyak produk budaya dari jenis-jenis itu kini makin banyak dijual yang mengarah pada pasar "Amerika Utara" bersatu, dan tak secara spesifik orang Kanada maupun Amerika.Pemerintah AS, dan Kanada menerima berbagai persekutuan pekerja yang dekat dalam masalah perdagangan, ekonomi, dan perusahaan resmi.





Daftar pustaka
Jumlah total perdagangan asing (ekspor-impor), 2003: keempat (dari 185)
Human Development Index, 2004: 4th (dari 177)
Reporters Without Borders World-wide Press Freedom Index 2004: kelima dari 167 negara¹
Transparency International Corruption Perceptions Index 2004 (http://www.transparency.org/cpi/2004/cpi2004.en.html) - ke-12 dari 146 negara
Heritage Foundation/Wall Street Journal Index of Economic Freedom, 2005 (http://www.heritage.org/research/features/index/) - ke-16 (lebih dari 155)
Bumsted, J. 2004. History of the Canadian Peoples, Oxford University Press
      PT Lentera Abadi,2007.ensiklopedia geografi.

No comments:

Post a Comment