SEJARAH BAZIL


Cynthia Rahmi/S/EA

Brazil merupakan salah satu negara yang terletak dibenua Amerika selatan tepatnya diantara 5• 6'LU-133• 45 LS dan 34• 45 BB - 74• 03'BB. Iklim dinegara Brazil terkenal lembab karena berada didataran rendah amazona. Selain itu Brazil sendiri masih dikategorikan sebagai negara berkembang di Benua Amerika Selatan.


Brazil Sebelum Kemerdekaan
Brazil telah mengalami perubahan yang sangat pesat diberbagai bidang. Negara ini merupakan bekas jajahan bangsa Portugis yang sekarang bernama Portugal. Portugal telah mengklaim wilayah brazil sejak tahun 1500. Namun  kolonialisasi baru dimulai tahun 1534 dan berlangsung hingga awal abad ke-19. Portugis memanfaatkan daerah ini sebagai produsen kopi yang akan dijual di Eropa. Selain itu komoditas utama di Brazil ialah gula dan juga penambangan Emas yang ditemukan di berbagai tempat di Brazil.
Pada tahun 1808, Kaisar Portugis yakni Ratu Maria dan keluarganya melarikan diri dari Portugis ke Brazil, datang dari daerah Bahia. Sejak saat itu dimulailah pembangunan daerah Brazil di bidang kesehatan, pendidikan, perbankan, jalan-jalan, gedung-gedung dan lain sebagainya. Hal ini terjadi dikarenakan penyerangan Napoleon dari Prancis di Eropa. Ketika kembali ke Portugal pada tahun 1821 raja Raja João VI meninggalkan anaknya  Pedro de Alcântara dan menjadi raja pengganti di Brazil.
Setelah itu Brazil mulai fase kemerdekaanya sendiri. Negara Brazil pernah berbentuk monarki yang dipimpin oleh seorang raja sebelum pada akhirnya berbentuk republic seperti sekarang. Negara ini mencoba memisahkan driri dari koloni Portugis. Proses kemerdekaan Brazil melalui beberapa fase yang akhirnya nanti akan menjadi seperti Brazil yang sekarang. Proses kemerdekaan Brazildari tangan Portugis berbeda dengan kemerdekaan yang diraih oleh negara-negara amerika latin bekas jajahan Spanyol. Proses kemerdekaan Brazil berawal pemisahan diri berbeda dengan koloni Spanyoldi Amerika Latin yang cenderung berawal dari prlawanan rakyat kecil.

Brazil awal kemerdekaan
Pada tahun 1808 Napoleon melakukan penyerangan secara besar-besaran di seluruh Eropa. Potugis sebagai salah satu negara di Eropa berhasil dikuasai oleh Napoleon. Pusat pemerintahan Kerajaan Purtugis pindah ke Brazil. Baru pada tahun 1821 Raja João VI kembali ke Portugis setelah Napoleon mengalami kemunduran. Raja João VI meninggalkan anknya  Pangeran Pedro diBrazil. Pangeran Pedro menjadi Bupati untuk memerintah Brazil. Pada masakepemimpinanya sebagai bupati, terjadi berbagai pergolakan politik di Brazil. Salah satunya keinginan perwira tinggimiliter yang berada di Brazil untuk mengusir semua staf menteri kerajaan dan keuangan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya revolusi liberal di Portugis. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Portugis Cortes menuai banyak kekecewaan dari warga Brazil. Akhirnya muncul dua kelompok liberal yang menentang Cortes. Gerakan yang pertama dipimpin oleh Joaquim Gonçalves Led  (yang mendapat dukungan dari para Freemason ) dan Bonifacians dipimpin oleh José Bonifacio de Andrada . Kedua faksi tidak ada kesamaan dalam tujuan mereka. Namun keinginan mereka hanya untuk menjaga negara bersatu dengan Portugal sebagai monarki yang berdaulat.
Pada akhirnya Pangeran Pedro menentang Portugis Cortes, Mereka diusir kembali ke Portugis.  Lalu Pangeran Pedro dipecat oleh Komando Umum Portugis. Sejak saat itu hubungan antara Portugis dengan Brazil memburuk. Setelah itu pangeran Pedro mencoba untuk memupuk kekuaran dari berbagai elemen masyarakat di Brazil untuk mengukuhkan dirinya sebagai raja Brazil yang merdeka dan terpisah dari Portugis. Ketika Pangeran Pedro kembali ke San Paulo pada tanggal 7 september 1822, ia mendeklarasikan bahwa Brazil telah berpisah dengan Portugis.
Setelah itu Brazil melakukan negosiasi dengan Portugis melalui Inggris sebagai perantaranya. Portugis kemudian mengakui kemerdekaan Brazil. Kemudian Brazil menjadi negara yang telah merdeka dengan system kekaisaran Brazil. Berbeda dengan proses kemerdekaan Spanyol yang melalui peperangan, Portugal dan Brazil memilih negosiasi dengan Inggris sebagai perantara. Melalui peperangan singkat (1822-1824), Brazil menjadi kerajaan di bawah kekuasaan Dom Pedro I.

Perekonomian Brazil
Brazil dikenal sebagai negara beriklim tropis dimana sangat cocok sebagai lahan pertanian. Oleh karena itu sebagian besar perekonomian brazil disokong oleh pertanian.
"Pentingnya praktek pertanian tradisional yang diwarisi dari indian, dimana api merupakan unsur dominan dalam penyusunan tanah untuk tanaman"[1] dari kutipan tersebut jelaslah bahwa brazil terinspirasi dengan cara bercocok tanam suku Indian.
Brazil sangat terkenal dengan penghasil kopi. Brazil menjadi salah satu negara produsen kopi terbaik selama ± 150th. Kopi dari brazil sendiri terkenal sangat berkualitas tinggi murni dan terbaik dari alam sehingga menjadikan Brazil negara eksportir kopi terbesar didunia.
Selain itu brazil juga merupakan penghasil tembakau yaitu bahan baku rokok dan penghasil tebu terbanyak untuk diolah menjadi gula terbaik serta brazil juga menjadi penghasil coklat terbesar nomor 3 didunia dimana coklat tersebut ditanam dipantai timur yang panas dan lembab.
Seterusnya perekenomian brazil juga disokong dari penghasilan ekspor kapas di Salvador dan Ilheus dilembah san fransisco yaitu didaerah bayangan hujan. Brazil juga penghasil tanaman karet karena asal mula karet pertama kali dari hutan hijau tropis lembah amazona namun hasil karet brazil hanya 1% dari produksi karet dunia.
Brazil juga dikenal sebagai penghasil tambang emas terbesar didunia dimana sebagian besar pendapatan negara Brazil berasal dari emas dan pertambangan.  tambang emas banyak ditemukan diberbagai tempat di Brazil sehingga sangat menambangnya untuk ditambang.

Pendidikan di Brazil
Konstitusi Federal tahun dan Hukum Umum Pendidikan di Brazil tahun 1996 (LDB) menentukan bagaimana Pemerintah Federal, Serikat, Distrik Federal, dan Kota akan mengelola dan mengatur sistem pendidikan masing-masing. Masing-masing sistem pendidikan publik yang bertanggung jawab atas pemeliharaan mereka sendiri, yang mengelola dana serta mekanisme dan sumber sumber daya keuangan. Konstitusi mengatur bahwa 25% dari pajak negara dan kota dan 18% dari pajak federal dianggrkan untuk pendidikan.
Program sekolah swasta yang tersedia untuk melengkapi sistem sekolah umum. Pada tahun 2003, tingkat buta aksara telah ditekan mencapai 88% dari populasi, dan 93,2% pada generasi muda (usia 15-19). Buta huruf tertinggi di Timur Laut, sekitar 27%, yang mempunyai proporsi tinggi miskin pedesaan dan pendidikan di Brazil memiliki masalah pada rendahnya tingkat efisiensi pada siwa berumur 15tahun, khususnya di sekolah umum. Pendidikan tinggi dimulai dengan kursus sarjana atau berurutan, yang menawarkan pilihan khusus yang berbeda seperti akademis atau kejuruan. Tergantung pada pilihan, siswa dapat meningkatkan latar belakang pendidikan mereka dengan pendidikan pascasarjana.
Brazil juga dikenal sebagai Penghasil bakat sepak bola yang baik dimana banyak pemain pemainnya yang ditransfer keberbagai belahan dunia serta Brazil juga memiliki prestasi dibidang persepakbolaan dan menjadi tuan rumah pada piala dunia 2014 yang diselenggarakan di Rio de Janeiro.
Sampai saat ini Brazil dikenal sebagai negara berkembang dan berpengaruh di Amerika Selatan, baik dibidang Ekonomi maupun Olahraga.  

Daftar Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Kingdom_of_Brazil&usg=ALkJrhigxQCaIixpTZ_wWnL9bZFPELF34w diakses tanggal 20 November 2012 pukul 17.23
Smith, T.lynn, 1946. Brazil People and institution, Lousiana

No comments:

Post a Comment