Sejarah Revolusi Perancis dan Dampaknya Terhadap Masyarakat Perancis Serta Dunia

PINGKAN SEPTHALIA 

 

Revolusi Perancis berlangsung antara 1789-1815, yang mana kelompok demokrat dan pendukung republikanisme berusaha menjatuhkan monarki absolut di Perancis serta memaksa Gereja Katolik Roma menjalani restrukturisasi yang radikal (Djaja, 2012:110). Sebuah revolusi besar yang mengubah tatanan pemerintahan dan kemasyarakatan Perancis. Pada waktu itu keadaan masyarakat Perancis sangat parah akibat adanya golongan-golongan dalam masyarakat. Golongan masyarakat yang menjadi penggeraknya adalah warga kota (borjuis) yang berkeinginan menggantikan peranan kaum bangsawan dan gereja dalam pemerintahan maupun perekonomian.

 

Muncul semangat yang berkobar-kobar untuk Perancis dan Republik, tidak ada lagi kompromi di dalam dan di luar negeri (Wells, 2013:253). Selain kaum borjuis berkembangnya pemikiran-pemikiran baru yang dikemukakan oleh Montesquieu, Voltaire, dan J.J. Rousseau sangat mempengaruhi terjadinya Revolusi Perancis. Keinginan kaum borjuis dan para tokoh perubahan ini didukung oleh Napoleon Bonaparte yang ikut meruntuhkan monarki absolut di Perancis.

 

Penyebab Umum : Lahirnya Monarki Absolut

Diawali oleh munculnya sistem ekonomi Merkantilisme yang diterapkan di negara-negara Eropa pada abad ke-16 sampai ke-18 yang  memberi kesempatan bagi berkembangnya berbagai monarki absolut di Eropa.

Hubungan antara sistem politik monarki absolut muncul karena ekonomi Merkantilisme ini semakin diperkuat dengan adanya ide-ide dari para pemikir yang menandai auflklarung (pencerahan) di Eropa. Salah satu pemikiran yang dianggap menjadi landasan berpikir para penguasa monarki-monarki absolut adalah tulisan berjudul II Principe dari Nicolo Machiavelli. Menurutnya, sebuah negara harus diarahkan pada bentuk Machtstaat (negara kekuasaan). Pada sebuah negara kekuasaan, seorang pemimpin (negara) dalam melakukan "segala tindakan", asalkan demi kepentingan negara. Ide Machiavelli kemudian digunakan secara luas oleh para penguasa di Eropa untuk dapat memenangkan dan memegang teguh kekuasaannya.

Selain pemikiran Machiavelli, ide mengenai pemerintahan raja yang begitu luas juga sebenarnya dipengaruhi oleh konsep kepemimpinan gereja Katolik di masa tersebut, khususnya yang dikenal dengan "pontifex maximus". Kekuasaan Paus dengan sistem pontifex maximus, mendorong para pengusung kekuasaan ingin memperoleh kekuasaan luas seperti yang dimiliki oleh Paus.

 

Penyebab Khusus : Sebab khusus yang menjadi pemicu dan menyebabkan meletusnya Revolusi Perancis adalah masalah keuangan negara. Penyebab-penyebab inilah yang nantinya menjadi cikal-bakal terjadinya revolusi di Prancis.

 

Sejarah Terjadinya Revolusi Prancis

         Pertama-pertama harus diketahui struktur Masyarakat Perancis pada abad ke-8 terbagi dalam tiga golongan atau tingkatan (Estate). Yaitu masyarakat tingkat pertama yang terdiri dari kaum agamawan, masyarakat tingkat kedua yang terdiri dari kaum bangsawan dan selebihnya memasuki tingkatan ketiga. Dari tingkatan-tingkatan tersebut, antara tingkatan pertama dan kedua masing-masing mendapatkan hak-hak istimewa. Hal ini lah yang menyebabkan ketegangan-keteganagan antar tingkatan masyarakat yang mempercepat terjadinya Revolusi. Contohnya saja hak istimewa untuk tingkatan pertama seperti kebebasan membayar pajak, mengumpulkan pajak atas produk-produk dari tanah;mensensor buku-buku yang dianggap membahayakan agama dan moral, dll. Hal inilah yang mebuatnya menjadi negara di dalam negara. Seperti kaum agamawan, kaum bangsawan juga memiliki hak istimewa seperti dibebaskanya kaum bangsawan dari pajak, bebas menarik iuran-iuran manorial dari petani/masyarakat tingkatan ketiga.

           Hal inilah yang lantas menyebabkan masyarakat tingkat ketiga yang terdiri dari kaum borjuis, kaum pertani dan buruh perkotaan merasa tidak puas dengan keputusan yang dibuat oleh raja atau pemerintahan. Tindakan semena-mena raja dan golongan aristokrat inilah yang akhirnya menuai protes dari banyak kalangan.

Secara garis besar kronologis berlangsungnya Revolusi Perancis terdiri dari tujuh tahapan, yaitu:

 

    Etats Generaux, yaitu dibukanya kembali Dewan Permusyawaratan Rakyat pada tanggal 5 Mei 1789.

    Assemblee Nationale, yaitu pembentukan Dewan Nasional oleh golongan yang mewakili rakyat, sebagai perwakilan bangsa Perancis, pada 17 Juni 1789.

    Constituante, pemerintahan baru (rakyat oposisi) yang menggantikan rejim pemerintahan orde lama (raja dan para bangsawan) (1789-1791).

    Legislatif, pemerintahan borjuis (bangsawan baru), dengan bentuk negara berupa Constitutionale Monarchie (1791-1792).

    Convention, pemerintahan rakyat jelata dibawah pimpinan Robespierre, dengan bentuk Negara berupa Republik (1792-1795).

    Directoire, kembalinya pemerintahan borjuis dengan membagi kekuasaan eksekutif kepada lima orang directeur (1795-1799)

    Consulat, pemerintahan yang dipimpin oleh tiga orang consul, dan mulai munculnya Napoleon sebagai seorang otoriter (1799-1804)

 

Adapun rincian berlangsungnya peristiwa Revolusi Perancis adalah sebagai berikut :

        Sejak wafatnya raja Louis ke-XIV, Negara mengalami kekurangan kas negara karena raja dan para bangsawan banyak mengunakanya untuk kepentingan pribadi. Akibatnya, Negara mewajibkan para bangsawan atau masyarakat tingkatan kedua untuk ikut membayar pajak. Namun, para bangsawan menolaknya karena menurut mereka masalah pajak adalah persoalan rakyat seluruhnya. Raja Louis XVI yang saat itu berkuasa terkenal dengan kepribadiannya yang polos dan lemah. Seakan tidak berdaya menghadapi tuntutan pemenuhan kebutuhan anggaran belanja negara yang terlalu besar. Dalam keadaan tertekan dan bingung, Louis XVI mengaktifkan kembali Etats Generaux (Dewan Permusyawaratan Rakyat) yang telah dibekukan pada masa pemerintahan Louis XIII. Pembukaan kembali dewan tersebut pada tanggal 5 Mei 1789, kemudian diadakanlah sidang yang diikuti oleh perwakilan dari tiga golongan/atau tingkatan masyarakat. Namun terjadi perselisihan antar golongan pada saat Etats Generaux dilaksanakan. Hingga akhirnya Sidang Etats Generaux itupun dibubarkan tanpa pengambilan keputusan apapun. Karena lemahnya pengaruh raja saat persidangan Etats Generaux itulah yang dimanfaatkan oleh golongan III.17 Juni 1789 Masyarakat Golongan III di negeri Perancis yang terdiri dari para pedagang dan rakyat ini melakukan suatu gerakan revolusioner dan langsung mengambil inisiatif untuk membentuk Assemble Nationale (Dewan Nasional).

       Pada tanggal 20 Juni 1789, dewan tersebut menyelenggarakan sidang pertama dan mengganti nama menjadi Assemble Nationale Constituante. (Dewan Konstitusi Nasional). Hingga pada 27 Juni, Louis XVI memerintahkan untuk kaum bangsawan dan kaum Pendeta/Agamawan untuk bergabung ke dalam Majelis Nasional. Namun banyak diantaranya yang menolak dan memaksa raja agar menggunakan kekuatanya untuk melawan Majelis Nasional.

Hingga akhirnya pada tanggal 14 Juli 1789 rakyat Perancis menyerbu penjara Bastile yang merupakan lambang absolutisme monarchi karena didalamnya dipenjarakan para pemimpin rakyat yang dulu berani menentang kekuasaan dan kesewenangan pemerintah absolute monarchi. Penyerangan atas penjara tersebut di dasarkan karena :

 

    Penjara Bastile merupakan gudang persenjataan dan makanan;

    Membebaskan tawanan politik yang dapat mendukung gerakan revolusi;

    Membebaskan orang-orang tidak berdosa yang telah ditangkap dan dipenjarakan secara semena-mena ke dalam penjara Bastile.

 

Dengan direbutnya penjara tersebut dianggap sebagai permulaan dari revolusi dan dijadikan sebagai "Hari Nasional Perancis". Sejak itu raja dan golongan bangsawan tidak berkuasa lagi, namun kaum borjuis yang berkuasa dan memegang tampuk pimpinan Negara. Dasar dari pemerintahan baru ini adalah "Declaration des droits de l'homme et du citoyen", yaitu pernyataan hak-hak manusia dan warga Negara, yang diumumkan pada tanggal 27 Agustus 1789. Setelah penyusunan UUD selesai, maka badan Konstituante bubar pada tahun 1791 dan digantikan dengan pemerintahan yang disebut Legislatif. Selanjutnya pada tanggal 14 Juli 1790 UUD Perancis telah berhasil dirancang dan disahkan. Namun pasca Revolusi ini sering terjadi perebutan kekuasaan antara Kaum Borjuis (bangsawan baru) yang menginginkan Konstitusional Monarki dengan rakyat jelata yang menghendaki Negara Republik. Hingga akhirnya di bawah kepemimpinan Robespiere, negara Perancis berubah menjadi sebuah Negara Republik (1792). Pada saat pemerintahan  Robespiere inilah yang sering pula disebut dengan pemerintahan teror. Namun juga dilihat lebih jauh lagi pemerintahan inilah yang menyelamatkan negara Perancis dari keruntuhan.

Kenapa disebut sebagai pemerintahan teror. Alasanya karena berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Robespiere. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain seperti :

 

    Dibentuknya pemerintahan revolusioner serta Comite de Surete Generale sebagai badan eksekutif.

    Adanya kebijakan Levee en masse, yang mengharuskan bagi semua orang yang dapat bertempur untuk masuk tentara.

    Pembersihan para penghianat negara.

    Kekayaan milik gereja dan para bangsawan yang melarikan diri ke luar negeri disita dan dijual untuk kepentingan negara.

 

Namun tidak lama berselang golongan borjuis akhirnya berhasil menggulingkan kekuasaan Robespiere pada tahun 1795, mereka kemudian membentuk pemerintahan Direktorat yang dijalankan oleh 5 direktur, yaitu Barra, Mouli, Gobier, Roger Ducas, dan Seiyes yang berkuasa sampai dengan 1799.Karena kepemerintahanya yang lemah dan penuh denga korup menyebabkan pemerintahan yang diciptakan kaum borjuis ini menjadi bumerang untuk diri mereka sendiri.

Memanfaatkan hal tersebut Napoleon Bonaparte berinisiatif untuk mengambil alih kursi kepemerintahan yang ada. Pada tahun 1799, dengan kekuatan militernya Napoleon berhasil membubarkan pemerintahan Directeur dan membentuk pemerintahan baru yang disebut Consulat. Pada akhirnya Perancis menjadi sebuah negara pemerintahan otokrasi yang dipimpin oleh Napoleon sebagai pucuk pimpinan pemerintahan Perancis.

 

Dampak-dampak Revolusi Perancis :

Revolusi Perancis sangat mempengaruhi perkembangan masyarakat Perancis, masyarakat dunia serta Indonesia. Banyak dampak-dampak yang diakibatkan oleh adanya Revolusi Perancis, baik dibidang politik, ekonomi, dan sosial. Berikut penjelasan mengenai dampak-dampak Revolusi Perancis.

 

Dampak Revolusi Perancis terhadap Masyarakat Perancis

1. Dampak Revolusi Perancis dibidang politik diantaranya :

a. Berkembangannya Supremasi Hukum

Di kerajaan Perancis, Undang-Undang merupakan kekuasaan tertinggi, sehingga segala hukum didasarkan pada Undang-Undang. Namun, di masa pemerintahan Raja Louis XVI dan pemerintahan yang sebelumnya, hukum yang berlaku di Perancis tidak berlaku sama antara orang yang satu dengan orang yang lain. Ini dikarenakan adanya hak-hak istimewa yang dimiliki oleh kaum bangsawan dan kaum agamawan. Sejak masa pemerintahan Napoleon hukum disamaratakan pada setiap rakyat, sehingga tidak ada hak-hak istimewa dalam penegakan hukum. Untuk itu, Napoleon menyusun Undang-Undang yang disebut dengan Code Civil atau Code Napoleon.

b. Munculnya Pemerintahan Republik

Akibat kebijakan yang ada yakni pemberian hak istemewa terhadap kaum bangsawan dan kaum agamawan membuat rakyat jelata menginginkan pergantian dalam sistem pemerintahan. Yang pada awalnya  pemerintahan dilakukan secara turun-temurun dan tidak menjamin kualitas kepala negara. Oleh sebab itulah, dibutuhkan perombakan dalam sistem pemerintahan yakni dengan perubahan sistem pemerintahan dari bentuk monarki absolut menjadi republik yang mana kepala negara dipilih langsung oleh rakyat.

c. Berkembangnya Paham Demokrasi

Dengan adanya penyusunan Undang-Undang Code Napoleon (pernyataan hak-hak asasi manusia dan warga) mengakibatkan munculnya paham demokrasi. Dengan pengakuan terhadap hak asasi manusia inilah rakyat Perancis menuntut adanya kebebasan dan persamaan hak antar manusia.

d. Meluasnya Paham Nasionalisme

Liberte, Egalite, Fraternite adalah semboyan Revolusi Perancis yang artinya kebebasan, persamaan, dan persaudaraan. Semboyan ini menggambarkan semangat nasionalisme rakyat Perancis untuk bersatu dan melakukan perubahan-perubahan di segala aspek kehidupan di Perancis.

e. Timbulnya Aksi Revolusioner

Keberhasilan Revolusi Perancis dalam menumbangkan kekuasaan raja yang sewenang-wenang, dapat menyakinkan rakyat Perancis apabila terdapat ketidakadilan dari pemerintah, rakyat sewaktu-waktu dapat melakukan gerakan revolusioner.

 

2. Dampak Revolusi Perancis di bidang ekonomi diantaranya:

a. Penghapusan Gilda

Gilda merupakan perkumpulan dari pengusaha sejenis yang mendapat monopoli dan perlindungan usaha dari pemerintah. Dengan adanya penghapusan gilda, mengakibatkan perdagangan menjadi bebas dan mengalami kemajuan.

b. Tumbuhnya Industri yang Besar

Setelah adanya kebijakan dari Napoleon untuk mensubsidi perusahaan-perusahaan dalam negeri yang mengalami kelumpuhan pasca revolusi Perancis. Banyak munculnya perusahaan-perusahaan menengah keatas hingga perusahaan tersebut tumbuh menjadi perusahaan besar.

c. Penghapusan Sistem Pajak Feodal

Dengan dihapuskannya sistem pajak feodal, pajak yang dipungut oleh para bangsawan dan kaum agamawan semakin menurun. Ini mengakibatkan beban yang ditanggung oleh rakyat menjadi berkurang dan kesejahteraan rakyat Perancis pun semakin meningkat.

 

3. Dampak Revolusi Perancis di bidang sosial diantaranya:

a. Penghapusan Feodalisme

Dihapusnya feodalisme menyebabkan tidak ada lagi golongan-golongan masyarakat. Golongan-golongan dalam masyarakat sendiri sangat merugikan kaum rakyat jelata, sedangkan bagi kaum bangsawan serta kaum agamawan sangat menguntungkan dalam bidang kepemilikan hak istimewa. Dengan penghapusan feodalisme ini, tidak akan ada perbedaan hak dan kewajiban antara kaum bangsawan dan rakyat jelata.

b. Munculnya Susunan Masyarakat Baru

Adanya pengakuan atas hak asasi manusia menjadikan golongan borjuis yang menggantikan kedudukan kaum bangsawan dengan kaum agamawan. Adapun kaum agamawan yang memiliki kedudukan yang sama dengan masyarakat lainnya, sehingga tidak ada lagi hak istimewa.

c. Adanya Peningkatan Pendidikan

Pendidikan yang diperluas dengan cara pemerataan terhadap pendidikan dan pengajaran diseluruh lapisan masyarakat, sehingga tingkat kecerdasaan masyarakatnya semakin meningkat.

 

Dampak Revolusi Perancis terhadap Dunia

1. Dampak Revolusi Perancis di bidang politik diantaranya:

a. Menyebarnya Paham Liberalisme

Di masa pemerintahan Napoleon di Perancis paham liberalisme sangat luas, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Di berbagai negera Eropa dan negara-negara lainnya di seluruh dunia ikut menganut paham liberalisme. Yang mana setiap warga negara bebas menentukan nasibnya sendiri, bebas bertindak, mengeluarkan pendapat, dan bebas berusaha.

b. Berkembangnya Paham Demokrasi

Kegigihan rakyat Perancis untuk merubah sistem pemerintahan menjadikan semangat bagi negara-negara di dunia bahkan Indonesia untuk menggunakan kekuasaan dari, oleh, dan untuk rakyat sebagai paham demokrasi.

c. Meluasnya Paham Nasionalisme

Banyak negara-negara yang masih menerapkan sistem feodal, mengembangkan rasa nasionalisme kepada negaranya sendiri sebagai rasa cinta tanah air. Sedangkan bagi negara-negara yang masih terjajah, munculnya rasa nasionalisme rakyat menjadi salah satu faktor yang penting guna membebaskan diri dari penjajahan dan berusaha untuk memerdekakan negaranya. Paham ini meluas juga ke Indonesia yang mana banyak para pelajar Indonesia yang mengerakkan pergerakan nasional dan membebaskan diri dari penjajahan Belanda.

d. Menyebarnya Aksi Revolusioner

Melihat kegigihan rakyat Perancis mewujudkan perubahan-perubahan terhadap pemerintah Perancis menjadi motivasi bagi negara-negara untuk melepaskan dan membebaskan diri dari kertindasan dan ketertekanan negara lain.

 

2. Dampak Revolusi Perancis di bidang ekonomi diantaranya:

a. Munculnya Industri-industri Besar

Setelah pemberian kebijakan yang dilakukan oleh Napoleon, banyak negara-negara di Eropa yang mengikutinya. Selain itu ditemukannya mesin uap dan perkembangan teknologi yang maju menjadikan banyaknya industri-industri besar.

b. Peralihan perdagangan

Pada awalnya kehidupan perdagangan berada di sekitar pantai-pantai di Eropa. Dengan munculnya industri-industri besar, kehidupan perdagangan beralih menuju kepedalaman yang menyebabkan terjadinya persaingan dalam perekonomian serta tidak adanya lagi monopoli perdagangan.

 

3. Dampak Revolusi Perancis di bidang sosial diantaranya:

a. Penghapusan Feodalisme

Penghapusan feodalisme yang terjadi di Perancis membuat banyak negara-negara di Eropa mengikuti jejak Perancis. Yakni banyak negara-negara yang masih berbentuk kerajaan berubah menjadi bentuk republik.

b. Berkembangnya Pedidikan dan Pengajaran

Kebijakan pemerintah tentang pemerataan pendidikan di Perancis berdampak kepada kebanyakan negara, yang mengikuti jejak pemerintah Perancis yakni pemerataan pendidikan dan pengajaran di seluruh kalangan masyarakat di Eropa.

c. Meningkatnya Supremasi Hukum

Supremasi hukum yang berpedoman pada Code Napoleon, menjadi dasar dan acuan dalam pembuatan daan pengembangan hukum-hukum yang ada di dunia. Terutama Hak Asasi Manusia sangat penting untuk dihormati dan dijunjung tinggi dalam Code Napoleon.

 

Kesimpulan

Revolusi Perancis merupakan cerminan ketidakpuasan sebagian besar masyarakat Perancis terhadap sistem pemerintahan yang absolut. Terjadinya Revolusi Perancis berdampak besar  di berbagai aspek kehidupan baik bidang politik, ekonomi, serta sosial. Dalam bidang politik muncul dan berkembangnya supremasi hukum, paham demokrasi, nasionalisme, aksi revolusioner serta bentuk pemerintahan republik. Di bidang ekonomi berdampak pada penghapusan gilda dan sistem pajak feodal, serta munculnya industri-industri besar. Sedangkan di bidang sosial munculnya susunan masyarakat baru, pemerataan pendidikan, dan penghapusan feodalisme.

 

DAFTAR PUSTAKA

Djaja, Wahjudi. 2012. Sejarah Eropa (Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern). Yogyakarta: Penerbit Ombak

Kropotkin, P. 1927. The Great Frence Revolution, 1789-1793. New York: Vanguard Printing.

Perry, Marvin. 2013. Peradaban Barat Dari Revolusi Prancis Hingga Zaman Global. Bantul: Kreasi Wacana

Wells, H.G.. 2013. A Short History of World (Sejarah Dunia Singkat). : Indoliterasi

http://ebookbrowsee.net/revolusi-perancis-doc-d473324844. Diakses 21 Maret 2015.

 

1 comment: